Evaluasi Pelaksanaan dan Dampak Praktek Kerja Industri Di SMK Bidang Teknologi Dan Rekayasa Di Kabupaten Toba Samosir.

Masyita, Nurani and Munadi, Sudji (2019) Evaluasi Pelaksanaan dan Dampak Praktek Kerja Industri Di SMK Bidang Teknologi Dan Rekayasa Di Kabupaten Toba Samosir. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di SMK Bidang Teknologi dan Rekayasa di Kabupaten Toba Samosir ditinjau dari segi: 1) komponen Context yang meliputi kondisi lingkungan yang mendukung; 2) komponen Input meliputi ketersediaan sarana dan prasaranana, sumber daya manusia, dan perencanaan prakerin di sekolah; 3) komponen Process meliputi pelaksanaan prakerin di DU/DI; 4) komponen Product meliputi hasil praktek kerja peserta didik di DU/DI; dan 5) komponen Outcome meliputi hard skill dan soft skill peserta didik, serta dampak program terhadap perkembangan hard skill dan soft skill yang dimiliki oleh peserta didik SMK di Kabupaten Toba Samosir. Penelitian dilakukan di 5 SMK Bidang Teknologi dan Rekayasa di Kabupaten Toba Samosir dan beberapa institusi pasangan sekolah. Dengan subjek penelitian yaitu guru pembimbing sekolah, pembimbing/instruktur industri dan peserta didik kelas XII. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan metode CIPPO (Context, Input, Process, Product dan Outcome). Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data diolah secara deskriptif kuantitatif menggunakan bantuan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktek kerja industri (Prakerin) peserta didik SMK Bidang Teknologi dan Rekayasa di Kabupaten Toba Samosir secara keseluruhan meliputi: 1)Pelaksanaan Prakerin untuk komponen context termasuk dalam kategori “sangat tinggi” dengan persentase 80,11%. 2)Pelaksanaan Prakerin untuk komponen input termasuk dalam kategori “sangat tinggi” dengan persentase 85,22%. 3)Pelaksanaan Prakerin untuk komponen process termasuk dalam kategori “tinggi” dengan persentase 72,95%. 4)Pelaksanaan Prakerin untuk komponen product termasuk dalam kategori “sangat tinggi” dengan persentase 81,70%. 5)Pelaksanaan Prakerin untuk komponen outcome termasuk dalam kategori “tinggi” dengan persentase 76,86%. 6)Dampak dari pelaksanaan prakerin terhadap hard skill dan soft skill yang dimiliki siswa berdasarkan hasil evaluasi dan hasil dokumentasi yang diperoleh di lapangan menunjukkan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik dan yang diterima oleh peserta didik setelah melaksanakan prakerin sudah cukup memenuhi untuk langsung diterjunkan ke dunia usaha/dunia industri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Praktek Kerja Industri, CIPPO
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Feb 2020 04:29
Last Modified: 31 May 2021 07:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67686

Actions (login required)

View Item View Item