PENGEMBANGAN BUKU BERGAMBAR “BILINGUAL” BERBASIS BUDAYA YOGYAKARTA UNTUK MENGENALKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B

Githa Kurnia, Adriani (2020) PENGEMBANGAN BUKU BERGAMBAR “BILINGUAL” BERBASIS BUDAYA YOGYAKARTA UNTUK MENGENALKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI_Githa Kurnia Adriani_15111251049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilatarbelakangi dengan keterbatasan media dalam bentuk buku bergambar untuk anak Taman Kanak-Kanak berbasis budaya Yogyakarta berbahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku bergambar bilingual yang baik dan layak untuk anak usia dini kelompok B Taman Kanak-kanak. Penelitian ini merupakan penelitian & pengembangan (research & development) dengan mengacu pada model yang dikembangkan Borg & Gall dengan mengadopsi 7 langkah dari 10 langkah pengembangan yang dikembangkan, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan utama, dan (7) revisi produk utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Media buku bergambar “Bilingual” berbasis budaya Yogyakarta ini sangat baik/sangat layak digunakan untuk anak usia dini terutama untuk kelompok B Taman Kanak-kanak. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji kelayakan dari ahli materi dengan kategori sangat baik/sangat layak (58) dan ahli media pada kategori sangat baik/ sangat layak (69). Kata kunci: buku bergambar, bilingual, anak kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 25 Feb 2020 04:05
Last Modified: 25 Feb 2020 04:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67682

Actions (login required)

View Item View Item