Pengaruh Penerapan Model Project-Based Learning terhadap Motivasi Belajar dan Penguasaan Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Kelas XI DPIB-2 di SMK Negeri 2 Purwokerto.

Putrayasa, Ilham Berlian and Sutarto, Sutarto (2019) Pengaruh Penerapan Model Project-Based Learning terhadap Motivasi Belajar dan Penguasaan Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Kelas XI DPIB-2 di SMK Negeri 2 Purwokerto. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
Daftar Pusaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan model Project-Based Learning (PjBL) terhadap: (1) motivasi belajar siswa dan (2) kompetensi siswa pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 2 Purwokerto tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 94 siswa. Sampel dipilih dua kelas secara intact group dengan pemilihan secara acak, sehingga diperoleh kelas XI DPIB-2 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 32, dan kelas XI DPIB-3 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 31, sedangkan kelas XI DPIB-1 sebagai subjek ujicoba instrumen. Kelompok eksperimen diajar menggunakan model PjBL dan kelompok kontrol diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik Analisis data menggunakan independent-sample t-test. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh penerapan model PjBL terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Skor rata-rata motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PjBL lebih tinggi dibandingkan dengan skor rata-rata siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, yaitu 55,813>53,290. (2) Terdapat pengaruh penerapan model PjBL terhadap penguasaan kompetensi siswa pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Skor rata-rata penguasaan kompetensi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PjBL lebih tinggi dibandingkan dengan skor rata-rata siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional yaitu 80,178>76,496.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model PjBL, motivasi belajar, penguasaan kompetensi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Feb 2020 03:49
Last Modified: 22 Jun 2021 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67681

Actions (login required)

View Item View Item