Sangadah, Hartanti and Supriyadi, Edy (2019) Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan (1) menghasilkan media pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XII Semester 1 di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo dan (2) mengetahui tingkat kelayakan produk yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah dengan model pembelajaran ADDIE. Desain pengembangan dikelompokkan atas lima proses pengembangan, meliputi: (a) analysis, (b) design, (c) development, (d) implementation, dan (e) evaluation. Validasi multimedia dilakukan oleh 2 orang dosen dan 2 orang guru, uji coba tahap 2 yaitu uji coba terbatas kepada 4 orang siswa dan uji coba tahap 3 yaitu uji coba lapangan kepada 40 siswa kelas XII SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk ahli media, angket untuk ahli materi dan angket untuk respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media berupa software pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa yang terdiri dari (1) menu profil pengembang (2) menu petunjuk penggunaan (3) menu konten materi (4) menu sub konten materi (5) galeri. Rerata skor penilaian kelayakan produk melalui validasi pada ahli materi sebesar 3,55 (sangat baik) dan pada ahli media 3,50 (baik). Selanjutnya hasil penilaian uji coba tahap 2 yaitu uji coba terbatas pada 4 siswa sebesar 3,27 (baik). Uji coba tahap 3 atau lapangan yaitu pada 40 peserta didik diperoleh rerata skor sebesar 3,24 (baik).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia pembelajaran, Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 25 Feb 2020 03:22 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 06:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67680 |
Actions (login required)
View Item |