Evaluasi Implementasi Pengelolaan Bengkel dan Laboratorium SMK di Kabupaten Banggai.

Pangestu, Fuadillah and Sukardi, Sukardi (2019) Evaluasi Implementasi Pengelolaan Bengkel dan Laboratorium SMK di Kabupaten Banggai. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) implementasi pengelolaan bengkel, (2) implementasi pengelolaan laboratorium, (3) kesesuaian sarana dan prasarana bengkel dan laboratorium di SMK Kabupaten Banggai dari indikator yang baik menurut Direktorat Pembinaan SMK. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan goal free evaluation model dan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu SMK di Kabupaten Banggai yang memiliki program keahlian Teknologi dan Rekayasa serta Teknologi Informasi dan Komunikasi. Objeknya adalah bengkel dan laboratorium, sedangkan subyek pada penelitian ini adalah guru produktif dan peserta didik kelas XI yang dijadikan sebagai responden pada penelitian ini. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi pengelolaan bengkel dalam kondisi cukup sesuai pada skor rata-rata peserta didik 81,19 dan guru 197,78 serta data cenderung berdistribusi normal pada skewness peserta didik -0,229 dan guru -0,433 akan tetapi masih perlu dibenahi pada indikator ruang praktik; (2) implementasi pengelolaan laboratorium dalam kondisi cukup sesuai pada skor rata- rata peserta didik 96,64 serta guru 209,03 dan data tidak berdistribusi normal pada skewness peserta didik 0,393 serta guru 0,36 sehingga masih perlu dibenahi pada indikator ruang praktik, atmosfer, pencahayaan, perawatan dan workstation; (3) kesesuaian sarana dan prasarana dalam implementasi pengelolaan bengkel dalam kondisi sudah cukup sesuai pada skor rata-rata bengkel 250,20 dan data tidak berdistribusi normal pada skewness 0,549 serta labortorium cukup sesuai pada skor rata-rata 252,80 dan cenderung berdistribusi normal pada skewness -1,694 sehingga pada bengkel dan laboratorium masih perlu dibenahi pada indikator standar bangunan, standar pintu, standar penyekat, standar kenyamanan pendengaran dan pemandangan, standar panas dan ventilasi, standar mitigasi bencana, standar alat dan mesin, standar instalasi listrik, standar efesiensi energi dan standar fasilitas tambahan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, bengkel, laboratorium, sekolah menengah kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Feb 2020 03:05
Last Modified: 04 Jun 2021 06:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67679

Actions (login required)

View Item View Item