Efektivitas model problem based learning dan contextual teaching learning pada kompetensi dasar perbaikan sistem kopling ditinjau dari soft skill siswa.

Amanto, Awal Dias and Sofyan, Herminarto (2019) Efektivitas model problem based learning dan contextual teaching learning pada kompetensi dasar perbaikan sistem kopling ditinjau dari soft skill siswa. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajar dengan model pembelajaran PBL dan model pembelajaran CTL; (2) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai soft skill tinggi dan rendah; (3) Perbedaan hasil belajar pada kompetensi dasar memelihara sistem kopling yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL antara siswa yang memiliki soft skill tinggi dan rendah; (4) Perbedaan hasil belajar pada kompetensi dasar memelihara sistem kopling yang diajar menggunakan model pembelajaran CTL antara siswa yang memiliki soft skill tinggi dan rendah; (5) Interaksi antara model pembelajaran PBL dan CTL dengan soft skill siswa dalam pengaruhnya terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini penelitian eksperimen semu (quasy-experimental research) menggunakan desain faktorial dengan memberikan perlakuan pada kedua model pembelajaran sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel dimana kedua kelas diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran yang berbeda. Kelas pertama menggunakan model PBL dan kelas kedua menggunakan model CTL, sedangkan variabel lain adalah soft skill siswa berfungsi sebagai variabel moderator yang mempengaruhi variabel terikat. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 x 2. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 60 siswa, yang dibagi menjadi kelompok PBL 30 siswa, dan kelompok CTL 30 siswa. Teknik penelitian ini menggunakan analisis varian (ANAVA) dengan program SPSS 21. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajar dengan model pembelajaran PBL dan model pembelajaran CTL; (2) Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai soft skill tinggi dan rendah; (3) Ada perbedaan hasil belajar pada kompetensi dasar memelihara sistem kopling yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL antara siswa yang memiliki soft skill tinggi dan rendah; (4) Tidak ada perbedaan hasil belajar pada kompetensi dasar memelihara sistem kopling yang diajar menggunakan model pembelajaran CTL antara siswa yang memiliki soft skill tinggi dan rendah; (5) Ada interaksi antara model pembelajaran PBL dan CTL dengan soft skill siswa dalam pengaruhnya terhadap pencapaian hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, model pembelajaran, Soft skill
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:49
Last Modified: 31 May 2021 06:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67678

Actions (login required)

View Item View Item