Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer untuk Sekolah Menengah Kejuruan kelas X .

Saputra, Rivai Yudya and Surjono, Herman Dwi (2019) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer untuk Sekolah Menengah Kejuruan kelas X . S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan Multimedia Pembelajaran Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer untuk Sekolah Menengah Kejuruan kelas X; (2) Mengetahui tingkat kelayakan Multimedia Pembelajaran yang dikembangkan; dan (3) Mengetahui efektifitas peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan Multimedia Pembelajaran Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan model pengembangan ADDIE dari William W. Lee yang terdiri dari tahap Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Penilaian kelayakan multimedia pembelajaran dilakukan oleh dua ahli media dan empat ahli materi. Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik kelas X SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan dengan rincian 3 peserta didik SMK N 2 Pengasih untuk uji coba perorangan, 32 peserta didik SMK N 1 Bantul untuk uji coba kelompok kecil, 33 peserta didik SMK Muh Imogiri untuk uji peningkatan hasil belajar dan 113 peserta didik gabungan dari ke tiga SMK untuk mengetahui response terhadap penggunaan multimedia pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian media, angket penilaian ahli materi, angket response siswa dan soal tes. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut : (1) produk multimedia pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer untuk Sekolah Menengah Kejuruan kelas X berbentuk file “.swf” dan “.exe” yang dapat dijalankan pada komputer dengan spesifikasi hardware yang rendah dan tanpa aplikasi tambahan; (2) produk multimedia pembelajaran memenuhi kriteria kelayakan dengan total perolehan skor dari ahli media sebesar 130,5 dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 126 dengan kategori sangat layak, response siswa 193,74 dengan kategori sangat layak; (3) efektifitas multimedia pembelajaran dilihat dari peningkatan hasil belajar sebelum dan dan setelah menggunakan aplikasi multimedia pembelajaran memperoleh nilai rerata gain skor sebesar 0,63 dan masuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Perakitan Komputer, Sekolah Menengah Kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:33
Last Modified: 22 Jun 2021 06:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67677

Actions (login required)

View Item View Item