Studi Komparasi Kelas Binaan Industri dengan Kelas Reguler terhadap Hard Skill, Soft Skill dan Budaya Industri 5R Kompetensi Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Negeri 1 Bendo Magetan.

Pratama, Arga Hartantyadhi and Munadi, Sudji (2019) Studi Komparasi Kelas Binaan Industri dengan Kelas Reguler terhadap Hard Skill, Soft Skill dan Budaya Industri 5R Kompetensi Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Negeri 1 Bendo Magetan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: Tingkat capaian hard skill, soft skill dan budaya industri 5R antara siswa kelas binaan industri dan kelas regular, Perbedaan tingkat hard skill antara siswa kelas binaan industri dan kelas regular, Perbedaan tingkat soft skill antara siswa kelas binaan industri dan kelas reguler pada kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor di SMKN 1 Bendo Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 140 siswa dengan rincian 70 siswa kelas reguler dan 70 siswa kelas binaan industri. Sampel penelitian ini sama dengan populasi. Data penelitian dikumpulkan dengan angket, observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan deskriptif statistik dan Uji-T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan hasil hard skill dari nilai Uji Kompetensi Keahlian peserta didik 3 tahun terakhir pada kelas reguler hasil nilai rata – ratanya 86,37 sedangkan pada kelas binaan industri hasil nilai rata-ratanya 90,25. Dari hasil Uji-T kelas industri tidak terdapat perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan kelas reguler, dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,07 > 0,05; (2) berdasarkan hasil penelitian soft skill antara kelas reguler dengan kelas binaan industri dapat disimpulkan bahwa kelas binaan industri lebih unggul daripada kelas reguler, dilihat dari hasil rata – rata nilai angket soft skill kelas reguler adalah sebesar (112,54) sedangkan kelas binaan industri adalah sebesar (130,84). Dari hasil Uji-T kelas industri juga terdapat perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan kelas reguler, dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05; (3) berdasarkan hasil observasi I dan II budaya industri 5R kelas reguler mempunyai rata-rata yang lebih rendah dibandingkan dengan kelas binaan industri. Kelas reguler rata-ratanya adalah (73,89 dan 86,7) sedangkan kelas binaan industri rata-ratanya adalah (88,34 dan 95,56).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: budaya industri 5R, hard skill, kelas binaan industri, kelas reguler, soft skill, teknik dan bisnis sepeda motor
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:08
Last Modified: 07 Jun 2021 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67675

Actions (login required)

View Item View Item