Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Klas X TOI Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Problem Posing Pada Kompetensi Mengaplikasikan Rangkaian Listrik.

Susilowati, Sri Rahayu and Supriyadi, Edy (2019) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Klas X TOI Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Problem Posing Pada Kompetensi Mengaplikasikan Rangkaian Listrik. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran problem posing yang dapat meningkatkan kompetensi mengaplikasikan rangkaian listrik siswa kelas X Teknik Otomasi Industri SMK N 2 Depok pada mata pelajaran dasar listrik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, siklus I tiga kali pertemuan, siklus II empat kali pertemuan, dan siklus III tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengetahui komponen pendukung pembelajaran dan instrumen pretest-posttest untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan data, dan menyimpulkan data. Berdasar hasil penelitian diketahui bahwa setelah diterapkan metode pembelajaran problem posing kompetensi siswa mengalami peningkatan ditinjau dari hasil pretest-posttest siswa. Pada siklus I nilai rata-rata pretest 40 ketuntasan 0% meningkat pada posttest dengan nilai rata-rata 68, persentase ketuntasan 28,1%. Siklus II nilai rata-rata pretest 28,4, persentase ketuntasan 0% meningkat pada posttest dengan nilai rata-rata posttest 79, persentase ketuntasan 68,75%. Siklus III nilai rata-rata pretest 27,8, persentase ketuntasan 0% meningkat pada posttest dengan nilai rata-rata posttest 74, persentase ketuntasan 75%. Pada observasi terjadi peningkatan dan penurunan pada setiap komponen di setiap siklus. Berdasar hasil penelitian terbukti, bahwa Prestasi Belajar Mengaplikasikan Rangkaian Listrik siswa kelas X TOI SMK N 2 Depok dapat ditingkatkan dengan penerapan Model Pembelajaran Problem Posing maka pada waktu-waktu yang akan Model Pembelajaran Problem Posing ini dapat diterapkan kembali untuk siswa kelas X TOI SMK N 2 Depok jika kondisi siswanya diasumsikan sama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penelitian tindakan kelas, problem posing, prestasi belajar siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Feb 2020 06:52
Last Modified: 22 Jun 2021 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67669

Actions (login required)

View Item View Item