Setyawan, Budhi and Sukardi, Thomas (2019) Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif di SMK Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
|
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Fenomena kesulitan belajar akhir-akhir ini meningkat intensitasnya pada siswa-siswa di sekolah. Hal tersebut disebabkan oleh persoalan-persoalan yang terjadi dalam lingkungan siswa, baik dari lingkungan sekolah, lingkungan sosial maupun dari siswa tersebut. Berkaitan dengan fenomena tersebut, perlu diselidiki dan dikaji mengenai faktor-faktor yang dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar untuk membantu siswa guna meningkatkan hasil belajarnya. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan survei. Pendekatan survei dilakukan dengan mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar teori dan praktik yang dialami oleh siswa ditinjau dari faktor siswa, guru, materi pelajaran, dan fasilitas belajar pada mata pelajaran kelistrikan otomotif siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Yogyakarta. Penelitian yang dilaksanakan di SMK N 2 Yogyakarta, SMK N 3 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan sampel sebanyak 360 siswa dari total keseluruhan populasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan survei. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup dengan alternatif jawaban pada skala Likert. Teknik validitas instrumen menggunakan validitas isi (content validity) dan validitas konstruk (construct validity). Sedangkan realibilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, kemudian dianalisis pada pemusatan datanya (central tendency) dan penyebaran datanya (dispersion). Hasil penelitian faktor kesulitan belajar dari siswa sebesar 25,64 %. Faktor guru 22,50 %. Faktor mata pelajaran 28,59 %. Faktor fasilitas belajar 23,27 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran kelistrikan otomotif di SMK Yogyakarta adalah dari faktor mata pelajaran. Faktor siswa berada di urutan kedua, kemudian dari faktor fasilitas belajar dan yang terendah adalah faktor guru. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan dapat menjadi bahan acuan bagi guru sebagai pengajar untuk mencari solusi guna menekan tingkat kesulitan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kelistrikan otomotif, kesulitan belajar, teknik kendaraan ringan. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 24 Feb 2020 04:43 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 07:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67668 |
Actions (login required)
View Item |