Wulandari, Asti and Mulyatiningsih, Endang (2019) Pengelolaan Kemitraan Antara Sekolah dan Industri di SMKN 2 Godean, SMKN 6 Yogyakarta, SMKN 4 Yogyakarta Kompetensi Keahlian Jasa Boga. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan kemitraan antara SMK dengan Industri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Godean, SMKN 6 Yogyakarta, dan SMKN 4 Yogyakarta. Responden penelitian terdiri dari 3 waka humas SMK, 11 industri mitra, 28 guru, dan 314 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, angket dan dokumentasi. Seluruh instrumen telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses perencanaan meliputi kegiatan menetapkan tujuan, menetapkan industri mitra melalui survey, menyepakati kerjasama kemitraan dengan MoU, dan merancang program kerja, (2) proses pengorganisasian dilakukan dengan menempatkan SDM dan menentukan deskripsi pekerjaan, serta membentuk struktur tim atau pokja yang terdiri dari pokja Prakerin dan pokja BKK, (3) pelaksanaan kemitraan terdiri dari kegiatan prakerin, BKK & jobfair, sikronisasi kurikulum, OJT guru, kegiatan kemitraan di dalam kelas seperti guru tamu, bantuan peralatan & bahan ajar, (4) Proses pengawasan dilakukan dengan evaluasi internal dan evaluasi eksternal. Evaluasi internal dilakukan dengan semua pengurus/tim bekerja dan bekomitmen sesuai dengan tugas dan perencanaan serta menjaga komunikasi dan koordinasi. Evaluasi eksternal dilakukan dengan penilaian kepuasan pelanggan menggunakan angket, menghimpun informasi dan laporan dari seluruh pihak yang terlibat dalam kemitraan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemitraan, Pengelolaan, SMK, Industri, Jasa Boga |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 24 Feb 2020 04:24 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 02:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67667 |
Actions (login required)
View Item |