MELAWAN MITOS MENSTRUASI DENGAN TEKNIK REFRAMING PADA SISWA PUTRI EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SLEMAN

Rakhma Maulida, Alefia (2020) MELAWAN MITOS MENSTRUASI DENGAN TEKNIK REFRAMING PADA SISWA PUTRI EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meredam mitos menstruasi yang tersebar pada siswa putri ekstrakurikuler PMR di SMPN 3 Sleman dengan menggunakan teknik reframing. Teknik reframing ini digunakan untuk membantu siswa mendapatkan pandangan baru tentang mitos menstruasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa putri ekstrakurikuler PMR SMPN 3 Sleman yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan Skala Pengetahuan Fakta dan Mitos Menstruasi, observasi dan wawancara. Penentuan skorisasi skala didasarkan pada Skala Likert, sedangkan untuk uji validitas instrumen berupa uji validitas korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Berdasarkan uji validitas instrumen didapatkan 28 item valid dari jumlah semula 40 item serta reliabilitas Skala Pengetahuan Fakta dan Mitos Menstruasi sebesar 0,900 dan termasuk kategori tinggi. Hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa mitos menstruasi yang tersebar pada siswa putri yang mengikuti ekstrakurikuler PMR SMPN 3 Sleman dapat diredam dengan teknik reframing. Penelitian dilakukan dalam 1 silkus dengan 3 tindakan. Hasil rata-rata pre test dan post test mengalami menunjukkan adanya perubahan pandangan baru tentang mitos menstruasi sehingga hasil skor meningkat dari 67, 11 meningkat menjadi 89,14. Dari hasil tersebut, penelitian dicukupkan pada siklus I karena telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditargetkan, yaitu 75% termasuk dalam kategori tinggi dengan hasil 21 dari 27 siswa termasuk dalam kategori tinggi. Kata kunci : mitos menstruasi, reframing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:50
Last Modified: 24 Feb 2020 03:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67666

Actions (login required)

View Item View Item