Analisis Tingkat Kesiapan Penerapan Pembelajaran Berbasis E-learning pada SMK di Kabupaten Padang Pariaman.

Chairani, Vici Syahril and Priyanto, Priyanto (2019) Analisis Tingkat Kesiapan Penerapan Pembelajaran Berbasis E-learning pada SMK di Kabupaten Padang Pariaman. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tingkat kesiapan guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis e-learning pada SMK penyelenggara program keahlian teknik komputer dan informatika di kabupaten Padang Pariaman; (2) apa saja faktor yang sudah siap dan tidak siap untuk penerapan pembelajaran berbasis e-learning pada SMK penyelenggara program keahlian teknik komputer dan informatika di kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK penyelenggara program keahlian teknik komputer dan informatika di kabupaten Padang Pariaman. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 187 guru. Data penelitian diambil menggunakan kuisioner yang telah diuji validitas oleh pendapat ahli dan reliabilitasnya dengan melakukan uji reliabilitas alpha cronbach menggunakan SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tingkat kesiapan guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis e-learning pada SMK penyelenggara program keahlian teknik komputer dan informatika di kabupaten Padang Pariaman termasuk dalam kategori siap, dengan nilai mean (168,4) yang lebih besar dari mean ideal (137,5), namun masih membutuhkan sedikit perbaikan untuk dapat mencapai kategori sangat siap dalam menerapkan e-learning; (2) Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa:(a) faktor kesiapan penguasaan teknologi dengan nilai mean (44,26), termasuk dalam kategori siap, tetapi membutuhkan sedikit perbaikan untuk mencapai kategori sangat siap; (b) faktor kesiapan SDM dengan nilai mean (53,72), termasuk dalam kategori siap, tetapi membutuhkan sedikit perbaikan untuk mencapai kategori sangat siap; (c) faktor kesiapan sikap dengan nilai mean (29,06), termasuk dalam kategori siap, tetapi membutuhkan sedikit perbaikan untuk mencapai kategori sangat siap; (d) faktor kesiapan budaya dengan nilai mean (15,86), termasuk dalam kategori siap, tetapi membutuhkan sedikit perbaikan untuk mencapai kategori sangat siap; (e) faktor kesiapan kebijakan dengan nilai mean (10,29), termasuk dalam kategori tidak siap dan membutuhkan beberapa perbaikan untuk mencapai kategori sangat siap; (f) faktor kesiapan keuangan dengan nilai mean (15,11), termasuk dalam kategori tidak siap dan membutuhkan beberapa perbaikan untuk mencapai kategori sangat siap.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-learning, kesiapan, Padang Pariaman, SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:23
Last Modified: 31 May 2021 07:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67663

Actions (login required)

View Item View Item