Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bidang Teknik Informatika di SMK Negeri 2 Yogyakarta.

Firmania, Nafisa and Sudira, Putu (2019) Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bidang Teknik Informatika di SMK Negeri 2 Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penilaian autentik dalam bidang teknik informatika di SMKN 2 Yogyakarta yang meliputi; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) hasil, (4) kendala, dan (5) rekomendasi supaya penilaian autentik dapat berjalan dengan baik dan benar. Penelitian evaluasi ini menggunakan Stake’s Countenance Model yang terdiri dari: (1) Antecedents yang mencakup standar perencanaan penilaian, (2) Transactions yang mencakup standar pelaksanaan penilaian, dan (3) Outcomes yang standar pengolahan penilaian. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi ahli, angket guru, pedoman wawancara, dan dokumen. Terdapat 37 responden dalam penelitian ini. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penilaian autentik dalam bidang teknik informatika di SMKN 2 Yogyakarta dalam hal: a) perencanaan termasuk dalam kategori kurang sesuai; b) pelaksanaan termasuk dalam kategori tidak sesuai; c) manajemen hasil termasuk dalam kategori kurang sesuai; (2) faktor penghambat yang dialami oleh guru dalam penilaian autentik adalah kurangnya waktu dalam merencanakan penilaian hingga manajemen hasil penilaian; (3) rekomendasi untuk menghasilkan penilaian autentik yang dilaksanakan dengan benar adalah dilaksanakan penyegaran kepada para guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: antecedents, evaluasi, outcomes, penilaian autentik, rekomendasi, transactions
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:05
Last Modified: 31 May 2021 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67658

Actions (login required)

View Item View Item