Pengembangan Portal Daring Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Geographic Information System (GIS) Sebagai Media Informasi dan Komunikasi .

Romas, MH. Fahd Al Aliem and Priyanto, Priyanto (2019) Pengembangan Portal Daring Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Geographic Information System (GIS) Sebagai Media Informasi dan Komunikasi . S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan portal daring SMK yang dapat menyajikan informasi spasial tentang SMK, program keahlian yang ditawarkan, dan memungkinkan untuk berbagi informasi dan berkomunikasi antar pengguna di Surakarta 2) mengetahui kualitas portal daring SMK berdasarkan ISO 9126. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan metode waterfall. Tahapan pengembangan produk terdiri dari Komunikasi, perencanaan, pemodelan, konstruksi dan penyebaran. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari instrumen wqawancara, observasi, dokumentasi, literature dan kepustakaan serata kuesioner atau angket yang mengacu pada standar ISO 9126. Proses analisis data digunakan untuk menghitung data variabel yang diujikan pada aspek functionality, reliability, usability, efficiency maintainability, dan portability. Analisa dengan pendekatan ini sesuai dengan pengukuran yang digunakan pada angket yaitu skala Guttman dan Likert. Subyek penelitian menggunakan peserta didik SMP di Kota Surakarta Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pengembangan Portal daring Sekolah Menegah Kejuruan berbasis Sistem Informasi Geografis menggunakan metode pengembangan Waterfall dengan memanfaatkan konsep dari Model View Controller (MVC) menggunakan CodeIgniter 3 sebagai framework menghasilkan fitur utama yaitu menampilkan sebaran sekolah di kota Surakarta berdasarkan lokasi dan program keahlian, pencarian sekolah di Kota Surakarta berdasarkan Lokasi dan Program Keahlian, bertukar informasi mengenai sekolah, dan fitur tersebut dibagi menjadi tiga pengguna yaitu admin, pengguna terdaftar, dan pengguna tidak terdaftar dimana masing-masing pengguna memiliki hak akses yang berbeda yang dapat diakses melalui jaringan internet 2) Kualitas Portal daring Sekolah Menegah Kejuruan berbasis Sistem Informasi Geografis diuji dengan menggunakan standar ISO 9126. Pada aspek functionality (Baik), aspek reliability (Memenuhi), aspek usability (Grade A dan Acceptable), aspek efficiency (Grade B dan Rating High), aspek maintainability (Tinggi), dan memenuhi aspek portability. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Portal daring Sekolah Menegah Kejuruan berbasis Sistem Informasi Geografis memenuhi standar kualitas ISO 9126.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi, portal daring, sekolah menengah kejuruan, sistem informasi geografis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:01
Last Modified: 22 Jun 2021 06:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67657

Actions (login required)

View Item View Item