PENGARUH LATIHAN SHORT PASS CONTROL DAN POSSESION GAME TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA PADA PEMAIN DI SSB WIJAYA WONOGIRI

Fadillah, Ahmad (2020) PENGARUH LATIHAN SHORT PASS CONTROL DAN POSSESION GAME TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA PADA PEMAIN DI SSB WIJAYA WONOGIRI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan short pass control dan possesion game terhadap keterampilan bermain sepakbola pada pemain di SSB Wijaya Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “two groups pre-test-post-test design”. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain di SSB Wijaya Wonogiri yang berjumlah adalah 93 pemain. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling, dengan kriteria (1) pemain berusia 11-13 tahun, (2) tidak dalam keadaan sakit, (3) Kehadiran pada saat treatment minimal 75%, (4) Sanggup mengikuti seluruh program latihan yang telah disusun. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 24 pemain. Seluruh sampel dikenai pretest untuk menentukan kelompok treatment, diranking nilai pretest-nya, kemudian dipasangkan (matched) dengan pola A-B-B-A dalam dua kelompok dengan anggota masing-masing 12 orang. Instrumen tes yang digunakan untuk pengukuran awal (pretest) maupun pengukuran akhir (posttest) menggunakan tes pengembangan “David Lee”. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan latihan short pass control terhadap keterampilan bermain sepakbola pada pemain di SSB Wijaya Wonogiri, dengan peningkatan sebesar 2,72%. (2) Ada pengaruh yang signifikan latihan possesion game terhadap keterampilan bermain sepakbola pada pemain di SSB Wijaya Wonogiri, dengan peningkatan sebesar 2,40%. (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara latihan short pass control dan possesion game terhadap keterampilan bermain sepakbola pada pemain di SSB Wijaya Wonogiri, dengan t hitung 0,252 < t tabel = 2,074 dan sig, 0,803 > 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: short pass control, possesion game, keterampilan bermain sepakbola
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:59
Last Modified: 21 Feb 2020 03:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67633

Actions (login required)

View Item View Item