PENGARUH LATIHAN PUSH UP DAN LONCAT PAGAR TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI TOLAK PELURU PADA SISWA SMP N 1 SEWON TAHUN AJARAN 2019/2020

Kusuma, Haiqal Nindya Bayu (2020) PENGARUH LATIHAN PUSH UP DAN LONCAT PAGAR TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI TOLAK PELURU PADA SISWA SMP N 1 SEWON TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Burn Skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari program latihan push up dan loncat pagar terhadap peningkatan prestasi tolak peluru pada Siswa SMP N 1 Sewon. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Penelitian ini menggunakan metode one group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa putra kelas VIII SMP N 1 Sewon. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 siswa putra. Instrumen untuk tes yang digunakan adalah tes prestasi siswa melakukan tolak peluru. Adapun teknik analisis data menggunakan uji paired-t test, yaitu dengan maksud untuk membandingkan nilai rerata dari hasil pretest dan posttest sebelum dan sesudah perlakuan dengan sampel yang sama. Sebelum uji paired-ttest, terlebih dahulu uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan latihan push up dan loncat pagar atau knee tuck jump, rata-rata skor prestasi tolak peluru mengalami peningkatan, yaitu sebesar 0,78. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh latihan push up dan loncat pagar terhadap peningkatan prestasi tolak peluru pada Siswa SMP N 1 Sewon.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Prestasi, Tolak Peluru
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:46
Last Modified: 21 Feb 2020 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67632

Actions (login required)

View Item View Item