Pengaruh Prestasi Praktik Pemesinan, Praktik Kerja Industri dan Bimbingan Kejuruan terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik SMK di Kabupaten Karanganyar.

Rusydi, Muhammad Ibnu and Sukardi, Thomas (2019) Pengaruh Prestasi Praktik Pemesinan, Praktik Kerja Industri dan Bimbingan Kejuruan terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik SMK di Kabupaten Karanganyar. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh prestasi praktik pemesinan terhadap kesiapan kerja; (2) Pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja; (3) Pengaruh bimbingan kejuruan terhadap kesiapan kerja; dan (4) Pengaruh prestasi praktik pemesinan, praktik kerja industri dan bimbingan kejuruan terhadap kesiapan kerja peserta didik SMK di Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 592 peserta didik kelas XII SMK program keahlian Teknik Pemesinan tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan sebanyak 234 peserta didik. Teknik sampling menggunakan teknik probability sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Prestasi praktik pemesinan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja dengan nilai sebesar 56,5%; (2) Praktik Kerja Industri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja dengan nilai sebesar 52,7%; (3) Bimbingan Kejuruan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja dengan nilai 32,8%; dan (4) Prestasi praktik pemesinan, praktik kerja indsutri dan bimbingan kejuruan secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja peserta didik SMK di Kabupaten Karanganyar dengan nilai 70,9%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: prestasi praktik pemesinan, bimbingan kejuruan, praktik kerja industri dan kesiapan Kerja
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:33
Last Modified: 21 Feb 2020 03:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67630

Actions (login required)

View Item View Item