Sudibyo, Danang and Rahdiyanta, Dwi (2019) Pengembangan E-Modul Pembuatan Roda Gigi Helix Berbasis Produk pada Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (577kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah: (1) mengembangkan bahan ajar e-modul pada materi pembuatan roda gigi helix pada mata pelajaran teknik pemesinan frais, dan (2) mengevaluasi tingkat kelayakan bahan ajar e-modul pembuatan roda gigi helix pada mata pelajaran teknik pemesinan frais. Penelitian pengembangan ini mengikuti tahap-tahap pengembangan model ADDIE yang terdiri dari analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Validasi media diuji dengan metode expert judgement. Media diuji oleh ahli materi dan ahli media yaitu dosen Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek uji coba terdiri dari 33 siswa kelas XII kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Klaten. Pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, lembar analisis kebutuhan (need assessment), lembar angket penilaian produk e-modul, dan lembar angket respon siswa dan guru. Skala Likert dengan empat variasi jawaban merupakan skala yang digunakan dalam penelitian ini. Data penelitian dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan reabilitas antar penilai. Penelitian ini menghasilkan: (1) e-modul yang dikembangkan memiliki spesifikasi: tampilan awal, tampilan pengantar, tampilan materi, tampilan tes formatif, tampilan video dan referensi. E-modul yang dikembangkan dalam bentuk softwere adobe flas Player; format aplikasi dengan kapasitas 99 Mb, dioperasikan pada smartphone dengan sistem operasi android. (2) kelayakan bahan ajar e-modul diperoleh berdasar penilaian ahli materi, ahli media dan respon pengguna. Penilaian dari ahli materi diperoleh bahwa e-modul dikategorikan :sangat baik” dengan persentase penilaian sebesar 94,16%. Dari ahli media diperoleh persentase penilaian sebesar 80% dengan kategori “baik”. Dari respon pengguna dari siswa diperoleh hasil dengan kategori “sangat baik” dengan persentase kelayakan sebesar 85,39%. Tingkat akurasi hasil penilaian dari para guru meiliki kriteria ”baik” dengan koefisien rata-rata 0,729. Penilaian secara umum untuk bahan ajar e-modul pengefraisan roda gigi helix dapat dikategorikan baik sehingga dapat dikatakan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, roda gigi helix, berbasis produk, bahan ajar. |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 03:26 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 03:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |