Efektifitas Pembelajaran Praktik Instalasi Listrik untuk Pembentukan Karakter Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

Mulyani, Hikmah and Djatmiko, Istanto Wahyu (2019) Efektifitas Pembelajaran Praktik Instalasi Listrik untuk Pembentukan Karakter Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembentukan karakter kerja SMK melalui pendidikan praktik Instalasi Listrik yang ditinjau dari : kesesuaian pembelajaran praktik di SMK dalam membentuk karakter kerja dan efektifitas pembelajaran praktik di SMK dalam menunjang pembentukan karakter kerja siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan model evaluasi diskrepansi. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Yogyakarta, SMK Negeri 3 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berjumlah 63 orang siswa dan 3 orang guru mata pelajaran praktik Instalasi Listrik. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan angket. Instrumen angket divalidasi menggunakan rumus product moment dengan hasil antara 0,471 dan 0,389 dan diuji reabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan perolehan hasil 0,94. Instrumen observasi dilakukan validasi dengan menggunakan rumus Aiken- V dengan perolehan hasil 0,80. Hasil penelitian dapat diketahui pembelajaran praktik dapat disesuaikan dengan pembentukan karakter kerja ditinjau dari isi silabus dan rancangan pembelajaran praktik yang sudah mengarah pada pembentukan karakter kerja, dan pembelajaran praktik dalam pembentukan karakter kerja siswa SMK dinilai efektif yang ditinjau dari: aspek karakter mutu diri dalam bekerja dinyatakan “sangat baik” dengan karakter yang paling baik adalah karakter tanggung jawab, aspek kualitas karakter dalam bekerja dinyatakan “sangat baik” dengan karakter yang paling baik adalah kerjasama, dan aspek kualitas hasil kerja secara umum dinilai sudah baik sesuai dengan standar penilaian guru yang ada dalam pembuatan proyek praktik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Karakter Kerja, Praktik Instalasi Listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Feb 2020 02:40
Last Modified: 21 Feb 2020 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67624

Actions (login required)

View Item View Item