IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN

Husaini, Mustofa Kamal (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_mustofa kamal husaini_17601241027.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran (PJOK) pada masa pandemi covid-19. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PJOK SMA Negeri se-Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 22 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan pada aspek perencanaan pembelajaran seluruh guru menyusun RPP dan menetapkan indikator pencapaian kompetensi sesuai dengan kondisi pembelajaran jarak jauh. 59,1 % menggunakan metode penugasan dan 77,3% menggunakan whatsapp group sebagai platform pembelajaran. Aspek pelaksanaan pembelajaran 90,9% guru menggunakan bahan ajar visual, 72,7% membuat rangkuman materi dan menggunakan penugasan latihan gerak/aktivitas fisik untuk pembelajaran kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan. Sebanyak 77,3% menerapkan metode 5M dengan 95,5% memberi kesempatan bertanya dan 72,7% mengomunikasikan secara laporan tertulis. Sebanyak 95,5% guru memberikan feedback, 95,5% mengondisikan peserta didik untuk aktif, dan 95% mengelola kelas yang interaktif dan menyenangkan. Aspek penilaian proses dan hasil pembelajaran dilakukan untuk aspek pengetahuan 72,7% menggunakan penugasan dan tes tertulis, aspek keterampilan 77,3% menggunakan tes praktik, dan aspek sikap 68,2% menggunakan penilaian diri, serta 68,2% melalui refleksi untuk evaluasi proses pembelajaran. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran yaitu 72,7% kesulitan jaringan dan kuota internet. Guru sebaiknya selalu melakukan inovasi dalam proses pembelajaran selama pandemi covid-19 agar pembelajaran dapat terlaksana lebih efektif dan maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani, pandemi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Feb 2021 07:00
Last Modified: 05 Feb 2021 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67610

Actions (login required)

View Item View Item