STUDI KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQURAN JUZ 30 ANAK TAUD KELOMPOK B SE-KABUPATEN SLEMAN

Niken Alimah, Nugraheni (2020) STUDI KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQURAN JUZ 30 ANAK TAUD KELOMPOK B SE-KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Niken Alimah Nugraheni_14111241044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan hafalan Alquran pada anak TAUD Kelompok B Se-Kabupaten Sleman. Penelitian ini mengukur dengan penghitungan hafalan yang terdiri dari surat Al fatihah dan surat pada Juz 30 dalam Alquran. Penelitian ini juga mengobservasi penggunaan kaidah tajwid dan makhraj dalam menggambarkan kemampuan hafalan Alquran. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak TAUD Kelompok B Se-Kabupaten Sleman yang berjumlah 44 anak. Terdapat 3 lembaga TAUD di Kabupaten Sleman, yaitu TAUD Khoiro Ummah berjumlah 13 anak, TAUD Taruna Quran berjumlah 15 anak dan TAUD Lembah Quran berjumlah 16. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi berdasarkan instrumen yang telah dilakukan validasi konstruk melalui expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan semua subjek memiliki kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) pada surat ke-1 yaitu Al Fatihah sampai dengan Surat ke-16 Al Adiyat. Subjek juga mendapat kriteria BSB pada surat ke 19 Al Qadr, ke-21 At Tiin, ke-22 Al Insyirah, dan ke-23 Ad Dhuha. Penelitian menunjukan skor paling rendah terdapat pada surat ke 37 yaitu surat An Nazi‟at. Secara keseluruhan, subjek penelitian tergolong dalam kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Kata kunci: menghafal juz 30, Tahfidz Anak Usia Dini, kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 20 Feb 2020 02:27
Last Modified: 20 Feb 2020 02:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67607

Actions (login required)

View Item View Item