PENINGKATAN KETERAMPILAN SAINS MELALUI MEDIA BULLETIN BOARD PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH GANTIWARNO, KLATEN

Annisa Danistya, Hakim (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN SAINS MELALUI MEDIA BULLETIN BOARD PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH GANTIWARNO, KLATEN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan proses sains yang belum terlatih bagi anak kelompok B menjadi masalah dalam pembelajaran sains. Hal ini dikarenakan sebagian besar anak TK kurang diberikan kesempatan terlibat langsung dalam suatu eksperimen. Metode pembelajaran yang dalam melibatkan anak dalam mengamati proses dan hasil percobaan sains adalah metode eksperimen (percobaan). Didukung dengan media bulletin board (majalah dinding), Anak dapat dilatih dengan mengkomunikasikan hasil eksperimen. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan keterampilan proses sains, yaitu diantaranya: keterampilan mengamati, meramalkan, mengklasifikasi dan mengkomunikasikan pada anak kelompok B melalui metode eksperimen dengan media bulletin board di TK Bustanul Athfal Aisyiyah Gantiwarno, Klaten. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Model penelitian yang digunakan yaitu dengan model spiral dari Taggart serta Kemmis. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan melaksanakan kolaborasi kerjasama antara peneliti dengan guru. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah seluruh anak TK kelompok B TK Bustanul Athfal Aisyiyah dengan jumlah anak 14 anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi serta dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains melalui metode eksperimen dengan media bulletin board. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi sebelum tindakan dan setelah dilakukan tindakannya. Sebesar 42,85% telah mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 64,28% dan telah meningkat lagi setelah tindakannya di siklus II dengan persentase sebesar 85,71%. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa metode eksperimen dengan media bulletin board dapat meningkatkan keterampilan proses sainsnya. Kata kunci :keterampilan proses sains, metode eksperimen serta media bulletin board

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 20 Feb 2020 02:21
Last Modified: 20 Feb 2020 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67605

Actions (login required)

View Item View Item