Atas Bening, Prabawati (2020) METODE PEMBIASAAN DALAM PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK A DI TK JOGJA KIDS PARK CONDONGCATUR. S1 thesis, PAUD.
Text
TA _BENING BISMILLAH.pdf Restricted to Registered users only Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran metode pembiasaan dalam pengembangan kemandirian anak kelompok A di TK Jogja Kids Park Yogyakarta yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi atau penilaian, faktor penghambat, dan fakor pendukung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah pendidik, anak kelompok A dan kepala sekolah TK Jogja Kids Park. Sedang teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan direduksi sesuai dengan teknik interaktif model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat peneliti simpulkan bahwa: 1) Proses perencanaa pembelajaran metode pembiasaan dalam pengembangan kemandirian diawali dengan penyususnan program semester yang didalamnya secara implisit terdapat stimulasi pembiasaan kemandirian anak, penyusunan RPPM, dan penyusunan RPPH 2) Proses pelaksanaan pembiasaan diintregrasikan dengan pembelajaran sehari-hari melalui metode pembelajaran termasuk metode keteladanan, pembiasaan, dan cerita dimulai dari kegiatan religion class, morning circle, snack time, kegiatan inti dan kegiatan akhir yang dilaksanakan melaui kegiatan rutin, spontan dan keteladanan 3) Penilaian dilakukan dengan pengamatan mengenai kemandirian anak yang kemudian diakumulasikan dalam catatan anekdot, penilaian harian, dan raport, 4) Faktor penghambat yaitu kurangnya komunikasi antara guru dan orang tua dan kebiasaan di rumah yang berbeda sedangkan faktor pendukung yaitu ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, rencana pembelajran yang sesuai dengan program pembelajaran dan kesiapan guru. Kata kunci: metode pembiasaan, kemandirian, anak kelompok A
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 19 Feb 2020 07:31 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 07:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67602 |
Actions (login required)
View Item |