MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B TK BHINNEKA II TRIRENGGO BANTUL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL KOKO-KOKO

Tina, Melia (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B TK BHINNEKA II TRIRENGGO BANTUL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL KOKO-KOKO. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi_tinamelia_14111241041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B TK Bhinneka II, Trirenggo, Bantul melalui permainan tradisional Koko-koko. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian yang diambil adalah anak-anak kelompok B TK Bhinneka II Trirenggo yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya terdapat 3 pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan motorik kasar anak meningkat melalui permainan tradisional Koko-koko. Terbukti dengan data yang diperoleh pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dan data yang diperoleh pada siklus II mencapai peningkatan sebesar 80%, artinya telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan peneliti. Keterampilan motorik kasar anakpun semakin hari semakin meningkat karena stimulus dalam bentuk permainan tradisional Koko-koko yang diberikan selama penelitian mampu membuat perbaikan keterampilan motorik kasar anak. Kelincahan dan keseimbangan anak menjadi lebih baik . Kata kunci: motorik kasar, permainan tradisional, Koko-koko.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Feb 2020 06:53
Last Modified: 19 Feb 2020 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67601

Actions (login required)

View Item View Item