KESESUAIAN ANTARA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS KURIKULUM 2013 SD NEGERI 01 KARANGRENA KABUPATEN CILACAP

Setiawan, Inggit Bayu (2020) KESESUAIAN ANTARA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS KURIKULUM 2013 SD NEGERI 01 KARANGRENA KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuian antara Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar Negeri 01 Karangrena Kabupaten Cilacap apakah sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran di lapangan atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, tempat penelitian di Sekolah Dasar Negeri 01 Karangrena Kabupaten Cilacap. Subjek penelitiannya adalah guru PJOK. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data (observasi, wawancara, dan studi dokumen). Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan data reduction, data display, dan data verification kemudian dipresentasikan dan sesuai kriteria kesesuaian atau tidak sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pelaksanaan pembelajaran PJOK menggunakan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik yang dilaksanakan oleh guru PJOK Sekolah Dasar Negeri 01 Karangrena Kabupaten Cilacap, pelaksanaan pembelajaran mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup sudah dilaksanakan, tetapi pelaksanaan pembelajaran yang tertulis dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tidak semuanya dilaksanakan oleh guru saat proses pembelajaran di lapangan. Penelitian ini menemukan bahwa untuk pelaksanaan pembelajaran PJOK yang dilaksanakan oleh guru PJOK SD Negeri 01 Karangrena kurang sesuai dengan RPP yang dibuat.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Tri Ani Hastuti, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Feb 2020 04:29
Last Modified: 18 Feb 2020 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67597

Actions (login required)

View Item View Item