PENGARUH TERAPI MUSIK TERHADAP TINGKAT KECEMASAN SEBELUM BERTANDING PADA ATLET SEPAKBOLA SMA N 1 SEWON

Afriadi, Tofik (2020) PENGARUH TERAPI MUSIK TERHADAP TINGKAT KECEMASAN SEBELUM BERTANDING PADA ATLET SEPAKBOLA SMA N 1 SEWON. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI UPLOUD.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi musik terhadap tingkat kecemasan sebelum bertanding pada atlet sepak bola SMAN 1 Sewon. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) belum diketahuinya berapa atlet futsal yang sulit menjaga suasana hati sebelum bertanding, (2) belum diketahuinya tingkat kecemasan atlet sepak bola yang muncul sebelum pertandingan, (3) belum diketahuinya penyebab atlet bola merasakan perut mules dan buang air kecil sebelum pertandingan, (4) belum diketahuinya pengaruh terapi musik terhadap tingkat kecemasan sebelum bertanding pada atlet sepak bola SMA N 1 Sewon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental dengan model nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling sistematis dengan jumlah sampel 24 atlet (12 atlet kelompok perlakuan dan 12 atlet kelompok kontrol). Kecemasan diukur dengan Skala Kecemasn Olahraga (SKO). Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas dengan Kolmogrov-Smirov Test, Uji homogenitas dicari dengan uji Levene test, dilanjutkan uji-t untuk mengetahui perbedaan terapi musik pada kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol ter hadap kecemasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kelompok perlakuan sebesar 51,33 dengan kategori kecemasan rendah, sedangkan pada kelompok kontrol rerata sebasar 58,92 dengan kategori kecemasan sedang. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa nilai p sebesar 0,028 < 0,05, ini berarti ada perbedaan yang signifikan pada terapi musik antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol terhadap kecemasan sebelum bertanding pemain bola SMA N 1 Sewon. Penelitian ini disimpulkan bahwa terapi musik dapat berpengaruh dalam menurunkan kecemasan sebelum bertanding pada pemain bola.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dr. Komarudin, M.A. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: terapi musik, kecemasan, pemain bola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Feb 2020 04:22
Last Modified: 18 Feb 2020 04:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67596

Actions (login required)

View Item View Item