PENGARUH METODE WALK BACK TUNNING TERHADAP AKURASI MEMANAH ATLET SELABORA PANAHAN FIK UNY

Syafii, Anas Nur (2020) PENGARUH METODE WALK BACK TUNNING TERHADAP AKURASI MEMANAH ATLET SELABORA PANAHAN FIK UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSIFULL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Walk Back Tunning terhadap akurasi memanah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain pre test dan post test control group desaign. Sampel penelitian ini berjumlah 20 atlet panahan dari Selabora Panahan FIK UNY. Kemudian dikelompokkan menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berdasarkan hasil Pre Test dengan metode Ordinal Pairing. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dalam bentuk metode Walk Back Tunning dan dilaksanakan post test memanah jarak 20 meter dan kelompok kontrol tidak diberikan metode Walk Back Tunning. Teknik analisis data dengan cara melakukan uji prasyarat untuk mengetahui normalitas dan homogenitas varians populasi agar dapat digunakan uji t untuk menganalisis data. Kelompok eksperimen memperoleh pre test dengan mean 291 post test mean 306,8 sehingga mengalami peningkatan dari pre test ke post test dengan rata rata 15,8. Untuk kelompok kontrol memperoleh pre test mean 295,5 post test 294,8 mengalami penurunan dengan rata rata 0,7. Kemudian dilakukan uji t (t-test) dan mendapatkan hasil bahwa t hitung > t tabel = 2,17 > 2,10 dengan taraf signifikansi 0,05%. Dengan demikian bahwa Hipotesis nul (Ho) ; ada pengaruh metode Walk Back Tunning terhadap akurasi memanah atlet Selabora panahan FIK UNY.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes., AIFO (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: walk back tunning, akurasi memanah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Feb 2020 02:49
Last Modified: 18 Feb 2020 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67587

Actions (login required)

View Item View Item