TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK ATLET TENIS MEJA DI KLUB VICTORY KABUPATEN BANTUL

Julia, Laura (2020) TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK ATLET TENIS MEJA DI KLUB VICTORY KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TAS LAURA JULIA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitin ini dilatar belakangi oleh belum diketahuinya tingkat kemampuanmotorik atlet tenis meja di Klub Victory Kabupaten Bantul. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik atlet tenis meja di Klub Victory Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik tes pengukuran untuk mendapatkan data. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh atlet tenis meja di Klub Victory Kabupaten Bantul sebanyak 20 atlet, yang terdiri dari 8 atlet yang berusia 6-12 tahun (Sekolah Dasar) dan 12 atlet yang berusia 13-15 tahun (Sekolah Menengah Pertama). Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu Tes Motor Ability untuk atlet usia 6-12 tahun (Sekolah Dasar) yang meliputi: 1) shuttle run 4×10 meter, 2) lempar tangkap bola jarak 1 meter dengan tembok, 3) stork stand positional balance, 4) lari cepat 30 meter. Dan Barrow motor ability test untuk atlet usia 13-15 tahun (Sekolah Menengah Pertama) yang meliputi: 1) Standing broad jump, 2) Soft ball throw, 3) Zig-zag run, 4) Wall pass, 5) Medicine ball put, 6) Lari 60 yard dash. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur adalah stopwatch dan meteran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan motorik atlet tenis meja di Klub Victory Kabupaten Bantul sebagian besar masuk dalam kategori sedang, untuk atlet yang berusia 6-12 tahun (SD) yaitu diperoleh 1 atlet (12,5%) mempunyai kemampuan motorik sangat tinggi, 1 atlet (12,5%) mempunyai kemampuan motorik tinggi, 4 atlet (50,0%) mempunyai kemampuan motorik sedang, 2 atlet (25,0%) mempunyai kemampuan motorik kurang, dan 0 atlet (0%) mempunyai kemampuan motorik sangat kurang. Sedangkan untuk atlet yang berusia 13-15 tahun (SMP) yaitu diperoleh 1 atlet (8,33%) mempunyai kemampuan motorik sangat tinggi, 4 atlet (33,33%) mempunyai kemampuan motorik tinggi, 5 atlet (41,67%) mempunyai kemampuan motorik sedang, 2 atlet (16,67%) mempunyai kemampuan motorik kurang dan 0 atlet (0%) mempunyai kemampuan motorik sangat kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dr. Yudanto, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: kemampuan motorik, tenis meja
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Feb 2020 02:31
Last Modified: 18 Feb 2020 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67583

Actions (login required)

View Item View Item