PERMASALAHAN YANG MUNCUL DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENJAS DENGAN METODE DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI SE-KECAMATAN JETIS BANTUL YOGYAKARTA

Kusuma, Bondan Arya (2021) PERMASALAHAN YANG MUNCUL DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENJAS DENGAN METODE DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI SE-KECAMATAN JETIS BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_bondan arya kusuma_17604221070.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran penjas dengan metode daring di masa pandemi covid-19 di SD Negeri Se-kecamatan Jetis Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah guru penjas SD Negeri Se-kecamatan Jetis Bantul yang berjumlah 16 guru. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner guru dalam permasalahan pada persiapan pembelajaran, permasalahan pada pelaksanaan pembelajaran, dan permasalahan pada penilaian dan evaluasi. Teknik analisis data yang telah digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh permasalahan yang muncul dalam pembelajaran penjas dengan metode daring di masa pandemi covid-19 di SD Negeri Se-kecamatan Jetis Bantul dalam kuesioner guru dalam kategori sangat tinggi. Hal tersebut didapat di dalam masing-masing kategori, seperti dalam permasalahan pada persiapan pembelajaran diketahui bahwa sebesar 0,00% menyatakan “sangat rendah”, 6,25% menyatakan “rendah”, 18,75% menyatakan “cukup”, 18,75% menyatakan “tinggi”, dan 56,25% menyatakan “sangat tinggi”. Permasalahan pada pelaksanaan pembelajaran diketahui sebesar 0,00% menyatakan “sangat rendah”, 6,25% menyatakan “rendah”, 18,75% menyatakan “cukup”, 18,75% menyatakan “tinggi”, dan 56,25% menyatakan “sangat tinggi” Dalam permasalahan pada penilaian dan evaluasi diketahui sebesar 0,00% menyatakan “sangat rendah”, 0,00% menyatakan “rendah”, 25,00% menyatakan “cukup”, 6,25% menyatakan “tinggi”, dan 68,75% menyatakan “sangat tinggi”.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Muh. Hamid Anwar, M.Phil.
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani, pandemi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Jun 2021 04:12
Last Modified: 18 Jun 2021 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67582

Actions (login required)

View Item View Item