Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Kemampuan Akademik Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 4 Yogyakarta.

Heppi, Martha Cristina and Marwanti, Marwanti (2019) Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Kemampuan Akademik Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 4 Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) besarnya pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 4 Yogyakarta; (2) besarnya pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 4 Yogyakarta; (3) besarnya pengaruh Kemampuan Akademik Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 4 Yogyakarta;(4) besarnya pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Motivasi memasuki Dunia Kerja dan Kemampuan Akademik Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian ex-post Facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas XII program keahlian jasa boga dan patisari sebanyak 180 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 122 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, nilai rapor siswa pada kelas XII dan dokumentasi yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji T dan uji F, keputusan uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% yang pengujiannya menggunakan aplikasi SPSS Versi 20.0. Hasil Penelitian menunjukan : (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengalaman praktik industri terhadap kesiapan kerja siswa dengan kontribusi pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja sebesar 24,9%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa dengan kontribusi motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja sebesar 12,1%; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan akademik terhadap kesiapan kerja siswa dengan kontribusi kemampuan akademik terhadap kesiapan kerja sebesar 0,21%; (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengalaman praktik industri, motivasi memasuki dunia kerja dan kemampuan akademik terhadap kesiapan kerja siswa dengan kontribusi pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja sebesar 23,5%. Kesiapan kerja dipengaruhi oleh variabel pengalaman praktik kerja industri, motivasi memasuki dunia kerja, dan motivasi memasuki dunia kerja sebesar 37,2%, sedangkan siswa 62,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan kerja, pengalaman praktik kerja industri, motivasi memasuki dunia kerja, kemampuan akademik.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:56
Last Modified: 18 Feb 2020 01:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67581

Actions (login required)

View Item View Item