PENGARUH BODY IMAGE TERHADAP PENERIMAAN DIRI FASHION MODEL USIA DEWASA AWAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ariyaningtyas, Oktavinanda (2020) PENGARUH BODY IMAGE TERHADAP PENERIMAAN DIRI FASHION MODEL USIA DEWASA AWAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Jurusan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
OKTAVINANDA A_15112141042.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui body image pada fashion model dan adanya tuntutan standar tubuh ideal bagi fashion model yang dapat berpengaruh pada body imagenya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh body image terhadap penerimaan diri fashion model. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah fashion model yang tergabung dalam agensi model di Daerah Istimewa Yogyakarta yakni sebanyak 54 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala body image dan penerimaan diri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis regresi sederhana. Penelitian ini menunjukkan bahwa partisipan penelitian memiliki body image yang berada pada kategori sedang (57%), sedangkan penerimaan diri berada pada kategori tinggi (81%). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa body image memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap penerimaan diri fashion model (r=0,555, p<0,05). Artinya body image dapat memprediksi penerimaan diri pada fashion model. Kontribusi body image terhadap penerimaan diri sebesar 14.2%. Kata kunci: body image, penerimaan diri, fashion model. This study was conducted to determine the body image of fashion model and the ideal body standard for fashion model that can affect their body image. The purpose of this study was to determine the effect of body image on fashion model self acceptance. This study was performed by using correlation quantitative approach. The population of this study was 54 fashion models who are incorporated in the model agency in Special Region of Yogyakarta. The sample used in this study is the whole population. Data were collected using a body image scale and self- acceptance scale. The data analysis technique used in this study is simple regression analysis. This study shows that participants have a body image that is in the medium category (57%), while the self-acceptance is in the high category (81%). The results of this study prove that body image has a sgnificant positive effect on self-acceptance of fashion models (r=0.555, p<0.05). This shows that vody image can predict self acceptance of fashion models. The contribution of body image to self-acceptance was 14.2%. Keywords: body image, self-acceptance, fashion model

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Jurusan Psikologi
Date Deposited: 17 Feb 2020 03:11
Last Modified: 17 Feb 2020 05:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67569

Actions (login required)

View Item View Item