Erfandy, Syaneta (2020) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PEMAAFAN PADA MAHASISWA. S1 thesis, Jurusan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Syaneta Erfandy_15112141051.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian mengenai hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan pemaafan belum banyak ditemukan saat ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan pemaafan pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial teman sebaya dan skala pemaafan. Validitas isi dilakukan dengan penilaian ahli. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan Alpha Cronbach sebesar 0,9 (α=0,9) pada skala dukungan sosial teman sebaya dan 0,85 (α=0,85) pada skala pemaafan. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson. Koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,253 dengan probabilitas 0,000 (p < 0,01) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 6,4%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan pemaafan pada mahasiswa. Hal ini berarti semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka semakin tinggi pula pemaafan pada mahasiswa. Kata kunci: dukungan sosial teman sebaya, pemaafan, mahasiswa. Researches that explore the relationship between peer social support and students forgiveness were hard to found. Therefore, this study aims to find out the relationship between peer social support and students forgiveness. This study use quantitative-correlational approach and was held in Faculty of Education Yogyakarta State University. The subjects were determined using accidental sampling technique. The data was assesed with the help of the Peer Social Support Scale and the Students Forgiveness Scale. The validity was done by expert judgement. The instrument’s reliability coefficient is 0,9 (Α=0,9) on the Peer Social Support Scale and 0,85 (Α=0,85) on the Students Forgiveness Scale. Both were calculated using Cronbach’s Alpha. The data was analyzed using Pearson’s product moment correlation technique with the correlation coefficient is 0.253, the probability coefficient 0.000 (p < 0,01), and the determinate coefficient (R2) was 6,4%. The result shows that the peer social support is related to the students forgiveness. Hence, higher peer social support level would correlated positively with the higher students forgiveness level. Keywords: peer social support, forgiveness, students
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi |
Depositing User: | Jurusan Psikologi |
Date Deposited: | 14 Feb 2020 08:31 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 06:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67557 |
Actions (login required)
View Item |