Ryandra Fitri, Rachella (2020) LITERASI KESEHATAN MENTAL PADA MAHASISWA. S1 thesis, Jurusan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
SKRIPSI RACHELLA RYANDRA FITRI (15112141016).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) perbedaan literasi kesehatan mental berdasarkan gender pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dan (2) perbedaan literasi kesehatan mental pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta berdasarkan gender dari tokoh dalam vignette. Jenis penelitian ini adalah factorial survey. Dalam penelitian ini, responden disajikan soal cerita berbentuk deskripsi singkat (vignette) yang dikonstruksikan sesuai dengan konteks penelitian dan mengandung unsur-unsur yang telah dimanipulasi oleh peneliti untuk mengendalikan variabel tertentu, yaitu gender dari tokoh dan gangguan mental yang dimiliki tokoh tersebut. Lalu, subjek diminta untuk menjawab pertanyaan tertutup (Tes Literasi Kesehatan Mental) berdasarkan vignette yang telah dibaca. Instrumen pengambilan data lain yang digunakan yaitu Skala Literasi Kesehatan Mental yang diadaptasi dari O’Connor dan Casey (2015). Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa S-1 Universitas Negeri Yogyakarta yang berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), dan Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan jumlah keseluruhan 377 responden. Metode sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dan insidental. Analisis data menggunakan uji-t sampel bebas dan chi-square. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Literasi kesehatan mental mahasiswa UNY berada dalam kategori sedang (2) Terdapat perbedaan literasi kesehatan mental aspek sikap positif terhadap bantuan ahli dimana responden pria lebih banyak tidak merekomendasikan pencarian bantuan ahli untuk depresi (3) Terdapat perbedaan literasi kesehatan mental aspek pengetahuan mengenai penyebab gangguan mental dan sikap positif terhadap bantuan ahli berdasaran gender tokoh vignette untuk depresi. Kata kunci: Literasi kesehatan mental, vignette, perbedaan gender The purpose of this study is to observe: (1) Gender difference in mental health literacy of Yogyakarta State University students and (2) Differences in mental health literacy of Yogyakarta State University students based on vignette character’s gender. The type of this study was factorial survey. In this study, respondents were presented with short descriptions called vignette that were constructed according to the research context and contained elements that had been manipulated by the researcher to control certain variables, namely gender and mental disorders that the characters had. Then, subjects were asked to answer closed questions (Mental Health Literacy Test) based on the vignettes. Another data collection instrument used was the Mental Health Literacy Scale adapted from O'Connor and Casey (2015). The subjects in this study were 377 undergraduate students from Yogyakarta State University from the Faculty of Education (FIP), the Faculty of Language and Arts (FBS), the Faculty of Sport Science (FIK), and the Faculty of Mathematics & Natural Sciences (FMIPA). The sampling techniques used in this study were cluster random sampling and incidental sampling. Independent sample T-Test and Chi-Square were perfomed to analyze the data. The results of this study indicated that: (1) Mental health literacy of UNY students was in the medium category (2) There were differences in mental health literacy aspect positive attitudes toward professional help where more male respondents did not recommend seeking professional help for depression (3) There were differences in mental health literacy aspects knowledge about the causes of mental disorders and positive attitudes towards professional help based on gender vignette characters for depression. Keywords: Mental health literacy, vignette, gender differences
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi |
Depositing User: | Jurusan Psikologi |
Date Deposited: | 14 Feb 2020 02:48 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 06:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67544 |
Actions (login required)
View Item |