PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID DENGAN AUGMENTED REALITY UNTUK MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X KONTRUKSI GEDUNG, SANITASI DAN PERAWATAN DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Putaloka, Galuh Kemuning (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID DENGAN AUGMENTED REALITY UNTUK MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X KONTRUKSI GEDUNG, SANITASI DAN PERAWATAN DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android dengan augmented reality pada mata pelajaran Gambar Teknik dengan model Waterfall dan (2) mengetahui kelayakan media ditinjau dari aspek materi dan aspek media menurut ISO 25010 (functional suitability, compatibility, usability dan performance effiency). Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Linear sequential model atau yang biasa disebut Waterfall Model. Model Waterfall melalui tahapan analisis, desain, pengodean, dan pengujian. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Tahap analisis didapat permasalahan siswa menggunakan smartphone saat pembelajaran, media kurang variasi dan metode guru mengajar masih konvensional. Software yang digunakan adalah Unity 3D, Corel Draw X8, dan Adobe Photoshop CS6. Spesifikasi minimum smartphone yang dibutuhkan android versi 4.0 Jellybean, RAM 768 MB dan kamera 5 MP. (2) Tahap desain dihasilkan rancangan Unified Modeling Language (UML), dan desain antarmuka (user interface). (3) Tahap pengodean dihasilkan aplikasi android, implementasi dari desain Unified Modeling Language (UML) dan desain antarmuka (user interface). (4) Tahap pengujian yakni uji materi dan uji media menurut ISO 25010. Hasil uji materi oleh ahli materi dari aspek kualitas isi dan tujuan serta aspek kualitas pembelajaran memperoleh total skor 89 dengan nilai presentase 92,7% kategori sangat Layak. Pengujian aspek functional suitability oleh ahli media memperoleh nilai presentase 100% berada pada kategori sangat layak. Aspek compatibility sub kategori co-existence dan hasil uji pada berbagai tipe perangkat masing-masing memperoleh skor 100% dengan kategori sangat layak. Pengujian aspek usability memperoleh skor 79,8 dengan kategori baik. Pada aspek performance efficiency memperoleh hasil memenuhi standar dan berada pada performance efficiency yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi Android, Augmented Reality, Gambar Teknik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 14 Feb 2020 02:48
Last Modified: 14 Feb 2020 02:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67543

Actions (login required)

View Item View Item