PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH INSTRUMENTASI DAN ELEKTRONIKA MEDIS DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA DAN INFORMATIKA FT UNY

Simamora, Khaidar Ali (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH INSTRUMENTASI DAN ELEKTRONIKA MEDIS DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA DAN INFORMATIKA FT UNY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dalam bidang kesehatan semakin meningkat dalam beberapa dekade terakhir hal ini menyebabkan jumlah alat-alat medis dan terapi menjadi bertambah. Mata kuliah instrumentasi dan elektronika medis di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika FT, UNY, masih memiliki keterbatasan pada alat instrumen dan alat medis yang mendukung materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata kuliah instrumentasi dan elektronika medis; (2) menguji unjuk kinerja media pembelajaran interaktif instrumentasi dan elektronika medis; (3) menguji kelayakan media pembelajaran interaktif instrumentasi dan elektronika medis. Kategori penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan produk mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development & Implementation, dan Evaluation) oleh Robert Maribe Brance. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli media, dua ahli materi, dan pengguna/responden. Pengujian kepada mahasiswa sebagai responden/pengguna melibatkan 34 mahasiswa kelas A 2018 Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika. Hasil penelitian ini adalah: (1) software media pembelajaran interaktif instrumentasi dan elektronika medis dengan file extension *.exe; (2) unjuk kinerja media pembelajaran menunjukan aplikasi bersifat standalone serta tombol dan halaman dapat berfungsi dengan sangat baik; (3) uji kelayakan ahli materi mendapatkan persentase 87% atau dalam kategori “sangat layak”, penilaian ahli media mendapatkan persentase 79% atau dalam kategori “sangat layak”, dan hasil penilaian pengguna (mahasiswa) terhadap media pembelajaran interaktif mendapatkan persentase 78% atau dalam kategori “sangat layak”. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar pada mata kuliah instrumentasi dan elektronika medis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Instrumentasi dan Elektronika Medis
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Feb 2020 04:14
Last Modified: 13 Feb 2020 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67536

Actions (login required)

View Item View Item