PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PENGGUNAAN PESAWAT PENYIPAT DATAR CARA SIPAT DATAR MEMANJANG KELAS X DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI

Faustina, Dea Atika (2020) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PENGGUNAAN PESAWAT PENYIPAT DATAR CARA SIPAT DATAR MEMANJANG KELAS X DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 2.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 3.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 5.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis video demonstrasi pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah di SMK Negeri 3 Yogyakarta yang telah tervalidasi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Subjek penelitian guru mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah kelas X Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket/kuesioner. Validasi angket uji coba kelayakan dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran disimpulkan sebagai berikut. (1) Telah dilaksanakan tahap pendefinisian yang terdiri dari analisis kebutuhan awal, analisis siswa, analisis konsep dan analisis tujuan pembelajaran. (2) Dalam tahap perancangan didapatkan hasil konsep media yang akan dikembangkan, storyboard, layout media dan skenario pembelajaran. (3) Dalam tahap pengembangan dilakukan pembuatan media pembelajaran, validasi dan revisi pertama, uji coba produk dan revisi kedua. Berdasarkan validasi ahli materi, video pembelajaran masuk kategori layak dengan jumlah skor total 44, berdasarkan validasi ahli media, video pembelajaran masuk kategori layak dengan jumlah skor total 63. Sedangkan penilaian oleh 4 responden guru mendapatkan kategori rata-rata layak digunakan untuk pembelajaran dikelas dengan skor total rata-rata 60. (4) Dilakukan penyebaran video dengan mengirimkan file video pembelajaran menggunakan flashdisk kepada guru mata pelajaran serta dapat diunggah di Youtube pada channel Faustina Dea.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Pesawat Penyipat Datar, Sipat Datar Memanjang
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Feb 2020 03:17
Last Modified: 13 Feb 2020 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67532

Actions (login required)

View Item View Item