PENGETAHUAN KESEHATAN KESELAMATAN KERJA (K3) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TERHADAP BAHAYA KECELAKAAN DI BENGKEL LAS

Harvana, Yusfiq (2020) PENGETAHUAN KESEHATAN KESELAMATAN KERJA (K3) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TERHADAP BAHAYA KECELAKAAN DI BENGKEL LAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Mahasiswa program studi pendidikan teknik otomotif fakultas teknik UNY terhadap bahaya kecelakaan di bengkel las, yang meliputi pengetahuan sikap (disiplin), pengetahuan sikap (kepedulian) pengetahuan lingkungan (keadaan bengkel), pengetahuan peralatan (pemakaian peralatan), pengetahuan peralatan (perawatan peralatan), dan pengetahuan pemeriksaan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pratikum Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif UNY, dan instrumen penelitian berjumlah 60 mahasiswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket, dan uji instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan rumus Spearman-Brown. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk skor pencapaiannya kemudian dipersentasekan. Pengetahuan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Mahasiswa program studi pendidikan teknik otomotif fakultas teknik UNY terhadap bahaya kecelakaan di bengkel las, dilakukan dengan 6 variabel pengukur pengetahuan yaitu: 1) pengetahuan mahasiswa pada sikap (disiplin) memenuhi kriteria sangat baik, dengan skor pencapaian 81%, 2) pengetahuan mahasiswa pada sikap (kepedulian) memiliki kriteria baik, dengan skor pencapaian 73%, 3) pengetahuan mahasiswa pada lingkungan (keadaan bengkel) memiliki kriteria baik, dengan skor 73%, 4) pengetahuan mahasiswa pada peralatan (pemakaian peralatan) memiliki kriteria baik, dengan skor 73%, dan 5) pengetahuan mahasiswa pada peralatan (perawatan peralatan) memiliki kriteria baik, dengan skor 71%, 6) pengetahuan mahasiswa pada pemeriksaan kesehatan memiliki kriteria sangat baik, dengan skor 83%. Secara keseluruhan Pengetahuan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Mahasiswa program studi pendidikan teknik otomotif fakultas teknik UNY terhadap bahaya kecelakaan di bengkel las memiliki hasil pencapaian kriteria baik, dengan skor pencapaian 75%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Mahasiswa program studi pendidikan teknik otomotif fakultas teknik UNY terhadap bahaya kecelakaan di bengkel las, yang meliputi pengetahuan sikap (disiplin), pengetahuan sikap (kepedulian) pengetahuan lingkungan (keadaan bengkel), pengetahuan peralatan (pemakaian peralatan), pengetahuan peralatan (perawatan peralatan), dan pengetahuan pemeriksaan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pratikum Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif UNY, dan instrumen penelitian berjumlah 60 mahasiswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket, dan uji instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan rumus Spearman-Brown. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk skor pencapaiannya kemudian dipersentasekan. Pengetahuan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Mahasiswa program studi pendidikan teknik otomotif fakultas teknik UNY terhadap bahaya kecelakaan di bengkel las, dilakukan dengan 6 variabel pengukur pengetahuan yaitu: 1) pengetahuan mahasiswa pada sikap (disiplin) memenuhi kriteria sangat baik, dengan skor pencapaian 81%, 2) pengetahuan mahasiswa pada sikap (kepedulian) memiliki kriteria baik, dengan skor pencapaian 73%, 3) pengetahuan mahasiswa pada lingkungan (keadaan bengkel) memiliki kriteria baik, dengan skor 73%, 4) pengetahuan mahasiswa pada peralatan (pemakaian peralatan) memiliki kriteria baik, dengan skor 73%, dan 5) pengetahuan mahasiswa pada peralatan (perawatan peralatan) memiliki kriteria baik, dengan skor 71%, 6) pengetahuan mahasiswa pada pemeriksaan kesehatan memiliki kriteria sangat baik, dengan skor 83%. Secara keseluruhan Pengetahuan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Mahasiswa program studi pendidikan teknik otomotif fakultas teknik UNY terhadap bahaya kecelakaan di bengkel las memiliki hasil pencapaian kriteria baik, dengan skor pencapaian 75%.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Feb 2020 00:56
Last Modified: 13 Feb 2020 00:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67523

Actions (login required)

View Item View Item