PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN TEPUNG UBI UNGU PADA MATA PELAJARAN PRODUKSI HASIL NABATI UNTUK SISWA KELAS XI DI SMK N 1 PANDAK

Mustaqim, Ahmadi Shalih Al (2020) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN TEPUNG UBI UNGU PADA MATA PELAJARAN PRODUKSI HASIL NABATI UNTUK SISWA KELAS XI DI SMK N 1 PANDAK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover dll.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstark.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 3.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 2.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 4.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 5.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengembangan video pembelajaran berbasis student centered learning (SCL) pembuatan tepung ubi ungu pada mata pelajaran Produksi Hasil Nabati untuk siswa kelas XI SMK N 1 Pandak, 2) Mengetahui kelayakan pengembangan video pembelajaran pembuatan tepung ubi ungu pada mata pelajaran Produksi Hasil Nabati untuk siswa kelas XI SMK N 1 Pandak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-November 2019 di Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana (PTBB), Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Penilaian kelayakan video dilakukan oleh 2 orang ahli materi, 1 orang ahli media dan 30 orang siswa kelas XI SMK N 1 Pandak. Hasil penelitian menunjukan: 1) Video pembuatan tepung ubi ungu berdurasi 9 menit 21 detik dengan format mp4. Video pembelajaran disampaikan oleh presenter, talent mahasiswa, dan dubber atau pengisi suara. Video pembelajaran memiliki bagian pembukaan berisi tentang ulasan materi yang disampaikan oleh presenter. Bagian isi mencakup persiapan alat, persiapan bahan, proses pembuatan, proses perhitungan rendemen, proses pengemasan dan proses pengujian organoleptik yang dilakukan oleh talent dan dubber sebagai pengisi suara. Bagian penutup berisi tentang evaluasi dan kesimpulan disampaikan oleh presenter. Video pembuatan tepung ubi ungu disebarluaskan melalui e-learning dan YouTube channel Boga UNY dengan URL https://youtu.be/oaEssP5V334 2) Hasil penilaian kelayakan video pembuatan tepung ubi ungu oleh ahli materi menghasilkan nilai rerata 99,4% termasuk kategori sangat layak, ahli media nilai rerata 93,9% kategori sangat layak dan siswa nilai rerata 85% kategori sangat layak. Berdasarkan uji kelayakan tersebut, Dapat disimpulkan bahwa video tersebut sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SMK.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tepung ubi ungu, video pembelajaran, student centered learning.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:44
Last Modified: 12 Feb 2020 07:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67514

Actions (login required)

View Item View Item