PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN KOSNTRUKSI BANGUNAN GEDUNG PADA KOMPETENSI KEAHLIAN KONSTRUKSI GEDUNG, SANITASI, DAN PERAWATAN DI SMKN 1 SEYEGAN.

Himmah, Fayqotul (2020) PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN KOSNTRUKSI BANGUNAN GEDUNG PADA KOMPETENSI KEAHLIAN KONSTRUKSI GEDUNG, SANITASI, DAN PERAWATAN DI SMKN 1 SEYEGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover DLL.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran dan menghasilkan modul pada mata pelajaran Kontruksi Bangunan Gedung mata pelajaran Kontruksi Bangunan Gedung; dan (2) mengetahui hasil dan tingkat kelayakan yang diperoleh dari pengujian media dan ahli materi konstruksi bangunan gedung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) . Desain yang digunakan mengacu pada model pengembangan 4D dengan tahapan yaitu: (1) pendefisian (define ); (2) perancangan (design ); (3) pengembangan (develop ); (4) penyebaran (disseminate ). Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan angket, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini: (1) pengembangan define dengan hasil front analysis belum tersedianya modul, learner analysis siswa belum mempunyai buku pegangan, task analysis beberapa tugas menggambar dari pondasi hingga atap, concept analysis mengidentifikasikan konsep belajar sesuai KI-KD, specifying instructional objejectives merumusan tujuan pembelajaran. Design dihasilkan rancangan modul terdiri 8 kegiatan pembelajaran. Media dicetak menggunakan HVS 80 gr ukuran A4. Diketik dengan huruf times new roman berukuran 12 spasi 1,5 pt. Develop berupa uji kelayakan dengan ahli materi dan ahli media. Disseminate , disebar luaskan ke guru dalam bentuk softfile dan hardfile .; dan (2) hasil pengujian kelayakan pengembangan modul oleh ahli materi mendapatkan skor 87,14% dengan kategori “Sangat Layak” dan untuk kelayakan pengembangan modul oleh ahli media mendapatkan skor 79,14% dengan kategori “Layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: konstruksi bangunan gedung, modul, pengembangan.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Feb 2020 06:36
Last Modified: 12 Feb 2020 06:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67500

Actions (login required)

View Item View Item