Humam, Anggraito (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK TEKNIK PEMESINAN BUBUT DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1-Cover.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
2-Abstrak.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
3-Bab I.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
4-Bab II.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
5-Bab III.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
6-Bab IV.pdf Download (671kB) | Preview |
|
|
Text
7-Bab V.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
8-Daftar Pustaka.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
9-Lampiran.pdf Download (20MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan metode pembelajaran peer teaching sebagai upaya meningkatkan kompetensi siswa. (2) Mengetahui pencapaian kompetensi siswa dengan penerapan metode pembelajaran peer teaching pada mata pelajaran praktik teknik pemesinan bubut kelas XI Teknik Pemesinan A di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2018. Subjek penelitian adalah kelas XI Teknik Pemesinan A sebanyak 32 siswa di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi sikap, tes pengetahuan, tes keterampilan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Peer teaching sebagai upaya meningkatkan kompetensi siswa dilakukan dengan : (a) Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, (b) Membuat instrumen penilaian, (c) Pembagian kelompok peer teaching, (d) Proses tutoring, (e) Koordinasi diskusi kelompok, (f) Pelaporan hambatan dan kesulitan. (2) Peer teaching mampu meningkatkan kompetensi siswa, hasil pencapaian kompetensi siswa yaitu : (a) Sikap siswa meningkat 25% pada siklus 1, 66% pada siklus 2, dan 6% pada siklus 3, (b) Pengetahuan siswa meningkat 75% pada siklus 1, 13% pada siklus 2, dan 12% pada siklus 3, (c) Keterampilan siswa meningkat 19% pada siklus 1, 10% pada siklus 2, dan 12% pada siklus 3.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Pemesinan, Bubut, Peer Teaching |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 06:23 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 06:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67498 |
Actions (login required)
View Item |