PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK TEKNIK PEMESINAN BUBUT DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Humam, Anggraito (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK TEKNIK PEMESINAN BUBUT DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1-Cover.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-Abstrak.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-Bab I.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-Bab II.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-Bab III.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-Bab IV.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7-Bab V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8-Daftar Pustaka.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9-Lampiran.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan metode pembelajaran peer teaching sebagai upaya meningkatkan kompetensi siswa. (2) Mengetahui pencapaian kompetensi siswa dengan penerapan metode pembelajaran peer teaching pada mata pelajaran praktik teknik pemesinan bubut kelas XI Teknik Pemesinan A di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2018. Subjek penelitian adalah kelas XI Teknik Pemesinan A sebanyak 32 siswa di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi sikap, tes pengetahuan, tes keterampilan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Peer teaching sebagai upaya meningkatkan kompetensi siswa dilakukan dengan : (a) Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, (b) Membuat instrumen penilaian, (c) Pembagian kelompok peer teaching, (d) Proses tutoring, (e) Koordinasi diskusi kelompok, (f) Pelaporan hambatan dan kesulitan. (2) Peer teaching mampu meningkatkan kompetensi siswa, hasil pencapaian kompetensi siswa yaitu : (a) Sikap siswa meningkat 25% pada siklus 1, 66% pada siklus 2, dan 6% pada siklus 3, (b) Pengetahuan siswa meningkat 75% pada siklus 1, 13% pada siklus 2, dan 12% pada siklus 3, (c) Keterampilan siswa meningkat 19% pada siklus 1, 10% pada siklus 2, dan 12% pada siklus 3.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Pemesinan, Bubut, Peer Teaching
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Feb 2020 06:23
Last Modified: 12 Feb 2020 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67498

Actions (login required)

View Item View Item