UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MUATAN AJAR IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PATRAGATEN

Sasiwi, Nur Hidayati Esti (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MUATAN AJAR IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PATRAGATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nur Hidayati Esti Sasiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dalam muatan ajar IPS melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD Negeri Patragaten. Model Problem Based Learning merupakan sebuah model pembelajaran dengan prosedur terstuktur agar siswa mampu memecahkan masalah dan memahami pembelajaran pada muatan ajar IPS dengan aktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model spiral berdasarkan Kemmis & McTaggart yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data pada penelitian berdasarkan pada refleksi di setiap siklus tindakan. Subjek penelitiannya adalah 25 siswa kelas IV SD Negeri Patragaten. Objek penelitian adalah kemampuan memecahkan masalah. Data penelitian diperoleh analisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan penelitian ditandai dengan peningkatan hasil kemampuan memecahkan masalah minimal 75% dari jumlah siswa mencapai KKM yaitu 70 sesuai dengan yang sudah ditetapkan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dalam muatan ajar IPS. Peningkatan hasil kemampuan memecahkan masalah ditunjukkan melalui hasil tes evaluasi yang dilakukan pada akhir siklus. Pada pratindakan terdapat 44 % yang mencapai KKM. Setelah itu, pada siklus I dan siklus II terdapat 80% dari jumlah siswa yang mencapai KKM atau sudah mencapai keberhasilan penelitian. Nilai rata-rata pratindakan sebesar 68,4, pada akhir siklus I sebesar 81,12, dan akhir siklus II sebesar 83,52. Kata kunci: kemampuan memecahkan masalah, model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:59
Last Modified: 12 Feb 2020 04:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67496

Actions (login required)

View Item View Item