PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN SISWA KELAS V SD NEGERI PANJATAN KULON PROGO

Atikah, Hana Jihan (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN SISWA KELAS V SD NEGERI PANJATAN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
HANA JIHAN ATIKAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Panjatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group desain. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan model TGT, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan soal tes hasil belajar yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, yaitu dengan teknik analisis menggunakan uji-t (t-test). Sebelum dilakukan uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sebagai syarat agar bisa dilakukan penelitian. Hal penelitian menunjukan bahwa berdasarkan perhitungan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen yaitu 75 berada pada kategori hasil belajar baik lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata posttest kelompok kontrol yaitu 61,42 berada pada kategori hasil belajar cukup. Berdasarkan hasil uji-t (t-tes ) diperoleh nilai t hitung 2,095 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,060 (2,095 >2,060) dan nilai signifikansi sebesar 0,046 lebih kecil dari nilai signifikansi sebesar 0,05 pada taraf 5% (0,046<0,05). Berdasarkan hasil uji-t (t-test) tersebut menunjukan adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian pecahan pada siswa kelas V SD N Panjatan Kulon Progo tahun 2019/2020 Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament, hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Feb 2020 03:55
Last Modified: 12 Feb 2020 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67490

Actions (login required)

View Item View Item