PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AIR CONDITIONER (AC) BERBASIS ADOBE FLASH DI SMK NEGERI 1 NGAWEN GUNUNGKIDUL

Permana, Erika Sandi (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AIR CONDITIONER (AC) BERBASIS ADOBE FLASH DI SMK NEGERI 1 NGAWEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01. COVER TAS.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. BAB I.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. BAB II.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. BAB III.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB IV.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif air conditioner berbasis Adobe Flash di SMK Negeri 1 Ngawen Gunungkidul bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran Air Conditioner (AC) berbasis Adobe Flash di SMKN 1 Ngawen Gunungkidul dan (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif Air Conditioner (AC) berbasis Adobe Flash di SMKN 1 Ngawen Gunungkidul yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Secara garis besar tahap-tahap yang dilalui dalam pengembangan media pembelajaran interaktif sistem air conditioner antara lain: (1) define (pendefinisian), (2) design (perencanaan), (3) development (pengembangan), dan (4) disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian adalah 2 ahli materi dan 2 ahli media. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan antara lain: (1) media pembelajaran interaktif sistem air conditioner berbasis Adobe Flash di SMK Negeri 1 Ngawen Gunungkidul berbentuk program aplikasi dapat disimpan di flashdisk, (2) hasil penilaian ahli materi dari dosen adalah 83% dengan kriteria sangat layak dan ahli media dari dosen adalah 91% dengan kriteria kuantitatif sangat layak, sedangkan penilaian ahli materi dari guru adalah 91% dengan kriteria sangat layak dan ahli media dari guru adalah 86% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran sistem air conditioner berbasis Adobe Flash di SMK Negeri 1 Gunungkidul layak digunakan sebagai bahan ajar yang dapat membantu peserta didik belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Sistem Air Conditioner, Adobe Flash
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Feb 2020 07:35
Last Modified: 11 Feb 2020 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67474

Actions (login required)

View Item View Item