Ardhani, Yusuf (2020) KUALITAS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH GAMPING PERIODE 2018/2019. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X TKRO di SMK Muhammadiyah Gamping Periode 2018/2019 yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKRO SMK Muhammadiyah Gamping. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program ITEMAN versi 4.3 dan program Microsoft Excel. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) Kualitas soal berdasarkan validitas, soal valid berjumlah 15 soal atau 37,5% sedangkan soal tidak valid berjumlah 25 soal atau 62,5%; (2) Kualitas soal berdasarkan reliabilitas, dapat disimpulkan butir soal Penilian Akhir Tahun mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif kelas X TKRO SMK Muhammadiyah periode 2018/2019 memiliki koefisien reliabilitas rendah sebesar 0,657; (3) Kualitas soal berdasarkan tingkat kesukaran, butir tergolong sukar berjumlah 12 butir atau 30%, butir soal tergolong sedang/cukup berjumlah 24 butir atau 60%, dan butir soal yang tergolong mudah berjumlah 4 butir atau 10%; (4) Kualitas soal berdasarkan daya pembeda, butir soal memiliki daya pembeda jelek berjumlah 18 butir atau sebesar 45%, butir soal yang memiliki daya pembeda cukup berjumlah 8 butir atau sebanyak 20%, butir soal yang memiliki daya pembeda baik berjumlah 7 butir atau sebesar 17,5% dan butir soal yang memiliki daya pembeda negatif berjumlah 7 butir soal atau sebesar 17,5%; (5) Kualitas soal berdasarkan analisis efektivitas pengecoh, terdapat 19 (47,5%) butir soal berkualitas baik, sebanyak 10 (25%) butir soal berkualitas kurang baik dan 11(27,5%) berkualitas jelek.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Butir Soal, Teknologi Dasar Otomotif, SMK Muhammadiyah Gamping. |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 07:25 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 07:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67473 |
Actions (login required)
View Item |