Rima Fadhilah, Anisa (2020) DINAMIKA LOYALITAS MEREK PADA KONSUMEN KOSMETIK. S1 thesis, Jurusan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Anisa Rima Fadhilah_15112141029 (FULLTEXT SKRIPSI).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Mempertahankan loyalitas merek merupakan hal yang penting, karena dapat memberikan keuntungan jangka panjang yang menjamin keberlangsungan bisnis perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana konsumen produk bedak dalam memilih merek, mengkonsumsi, bertahan menggunakan suatu merek, beserta perilaku beralih merek yang terjadi di sepanjang mengkonsumsi kategori produk riasan bedak atau disebut dengan dinamika loyalitas merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen produk bedak sejumlah 4 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive snowball sampling dengan ketentuan subjek merupakan pengguna dan pembeli aktif produk bedak tanpa dibatasi pada merek tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam dan semi-terstruktur. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan, yaitu berupa pedoman wawancara. Keabsahan data diuji dengan memperpanjang waktu penelitian dan menggunakan validasi responden. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data model interaktif Miles & Huberman (1994). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memilih bertahan atau beralih merek produk bedak, konsumen produk bedak dipengaruhi oleh faktor: (1) kondisi internal (preferensi jenis bedak, kebutuhan terkini terhadap produk bedak, dan tujuan pembelian terkini), (2) kondisi situasional (ketersediaan dana, ketersediaan merek di toko, kemunculan merek di pasar, serta diskon dan promosi), (3) pihak-pihak di sekitar (teman sebaya, beauty influencer, internet), serta (4) atribut yang melekat maupun berhubungan dengan produk bedak (nama, kelas, segmentasi merek, warna kemasan, harga, citra merek, serta iklan merek). Kata kunci: loyalitas merek, konsumen kosmetik, produk bedak. Mantaining consumer’s loyalty to company’s brand is an important thing, because it can provide long-term benefits and ensure the sustainability of the company business. The purpose of this study is to understands how consumers of powder product choose, consume, loyal to certain brand, and switch brands or called the dynamics of brand loyalty. This study used a qualitative approach with phenomenological research as the type of the research. Amount of four powder consumers were determined by purposive technique (snowball sampling). The subjects of this study were active users and buyers of powder product without being restricted to certain brand. Data were collected by in-depth and semi-structured interview. Interview guide used as data collection tool. The validity of the data was tested by extending the research and using respondent validation. For the data analysis, this study used interactive model data analysis by Miles & Huberman (1994). The result of this study shows that, in deciding to keep consume the same brand or switch brand, consumers of powder product are affected by four factors: (1) internal conditions (preference type of powder, the latest needs of powder products, and latest purchase goal), (2) situational conditions (funds, availability of brand in store, variety of brands on market, discounts and promotions), (3) figure around consumers (peers, beauty influencers, internet), and (4) attributes attached to powder products (name, class, brand segmentation, packaging color, price, brand image, and advertisement of the brand). Keywords: brand loyalty, cosmetics consumers, powder product.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi |
Depositing User: | Jurusan Psikologi |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 07:20 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 06:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67470 |
Actions (login required)
View Item |