Fara Sasanti Ayu Tantono, Diah (2020) PENGARUH BULLYING TERHADAP HARGA DIRI SISWA KELAS IV DAN V MI NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Jurusan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Skripsi_Diah Fara_15112141018.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Perilaku bullying di sekolah dasar tidak dapat dianggap masalah biasa, karena dapat memberikan dampak negatif pada korban baik secara fisik maupun psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat bullying siswa di sekolah dasar, (2) mengetahui tingkat harga diri siswa di sekolah dasar, serta mengetahui ada tidaknya pengaruh bullying terhadap harga diri siswa yang menjadi korban bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Penelitian dilakukan di MI Negeri 1 Bantul dengan menggunakan populasi sebanyak 220 siswa kelas IV dan V dengan sampel berjumlah 164 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan skala psikologis yaitu skala bullying dan skala harga diri. Adapun keabsahan data diuji menggunakan validitas isi dengan expert judgment, sedangkan reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar siswa korban bullying di sekolah dasar berada pada kategori rendah, (2) sebagian besar siswa korban bullying di sekolah dasar memiliki tingkat harga diri yang tinggi, serta tidak ada pengaruh bullying terhadap harga diri siswa di sekolah dasar (α = 0,053). Tidak adanya pengaruh bullying terhadap harga diri diduga dipengaruhi oleh faktor bullying yang tidak mempengaruhi harga diri secara langsung, penurunan harga diri merupakan dampak jangka panjang dari bullying, serta bullying hanya meningkatkan risiko penurunan harga diri korban di kemudian hari. Kata kunci: bullying, harga diri, siswa korban bullying Bullying behavior in primary school can not assumed as ordinary problem among children, because it can damaged the victim physically and psychologically. The purpose of this study was to: (1) determined the level of bullying among students in primary school, (2) determined the levels of self esteem among students in primary school, and determined the effect of bullying on victim’s self esteem. This study used a quantitative approach with the type of research was ex-post facto. This study was conducted in MI Negeri 1 Bantul. The population in this research were 220 students and respondent in this research were 164 students among fourth and fifth grade. Data were collected by given psychological scale that was bullying scale and self esteem scale. The validity of the data was tested by expert judgment, while reliability was calculated used the Alpha Cronbach. For data analysis, this study used simple regression test. The result of this study shows that: (1) most of victim students has low levels of bullying, (2) most of victim students has high levels of self esteem, and there was no significant effect of bullying on self esteem victim students in primary school (α=0,053). Bullying was not affected on student’s self esteem suspected by factor bullying was not affected self esteem directly, decline of self esteem was long term effect of bullying, and bullying only increasing the risk for decline of victim’s self esteem in the next time. Keywords: bullying, self esteem, victim student of bullying
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi |
Depositing User: | Jurusan Psikologi |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 06:54 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 06:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67463 |
Actions (login required)
View Item |