HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA

Widya Neidi, Arrazzaqu (2020) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA. S1 thesis, Jurusan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI SASA FIX.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian mengenai intensitas penggunaan media sosial yang berhubungan dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir belum banyak ditemukan saat ini. Ditemukan adanya fenomena berupa banyaknya individu pengguna media sosial dikalangan mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi sehingga hal ini memicu munculnya perilaku prokrastinasi akademik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan positif antara intensitas penggunaan media sosial dan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah 123 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta dengan menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari skala intensitas penggunaan media sosial dan skala prokrastinasi akademik. Reliabilitas skala intensitas penggunaan media sosial dan skala prokrastinasi akademik diuji dengan menggunakan metode koefisien reliabilitas Alpha Cronbach. Reliabilitas untuk skala intensitas penggunaan media sosial memperoleh hasil sebesar 0,862, sedangkan skala prokrastinasi akademik memperoleh hasil 0,785. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik korelasi product moment dari Pearson. Koefisien korelasi yang diperoleh 0,421 dengan probabilitas 0,000 (p < 0,01) dan koefisiensi determinasi sebesar (R2) 17,7%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara intensitas penggunaan media sosial dan prokrastinasi akademik. Hal ini berarti semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial, maka diikuti pula semakin tingginya perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. Kata kunci: intensitas penggunaan media sosial, prokrastinasi akademik, mahasiswa, skripsi The research of the intensity of social media uses relating to academic procrastination in college students of the final level can’t be found currently. There is a phenomenon where most of social media users among the college students who are completing the minithesis that triggers the emergence of academic procrastination behaviour. Therefore, this study aimed to find out a positive relation between the intensity of social media uses and the behavior of academic procrastination among the college students who are completing the minithesis. The research subjects were 123 students of the Faculty of Education of Yogyakarta State University using simple random sampling. This study used a quantitative approach with a type of correlational research, collected using an intensity of social media uses scale and a academic procrastination scale. Reliability scale for social media uses and academic procrastination scale were tested using the methods of the reliability coefficient of Cronbach Alpha. The reliability for the social media uses intensity questionnaire obtained a result of 0.862, while the academic procrastination questionnaire obtained the result of 0.785. The Data in this study was analyzed by Pearson's product moment correlation technique. The correlation coefficient obtained is 0.421 with a probability of 0.000 (P < 0.01). The results of this study shows that there is a positive relationship between intensity of media social usage and academics procrastination. This means that the higher the intensity of social media uses, the higher the academic procrastination behaviour in the college students who are completing the minithesis. Keywords: intensity of using social media, academic procrastination, college student, minithesis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi
Depositing User: Jurusan Psikologi
Date Deposited: 11 Feb 2020 06:22
Last Modified: 17 Feb 2020 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67462

Actions (login required)

View Item View Item