PERBEDAAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GEDONGTENGEN DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Wiranti Lestari, Rahma (2020) PERBEDAAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GEDONGTENGEN DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. S1 thesis, Jurusan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_RAHMA WIRANTI LESTARI_15112144005.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada guru Sekolah Dasar yang ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini dilakukan pada guru Sekolah Dasar Kecamatan Gedongtengen dengan populasi guru sejumlah 63 subjek dan didapatkan 59 subjek sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan skala Organizational Citizenship Behavior yang terdiri dari 5 aspek yaitu conscientiousness, sportsmanship, civic virtue, courtesy, dan altruism. Pengujian validitas dan reliabilitas skala OCB menggunakan uji ahli dan uji reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,853. Sementara itu, untuk uji perbedaan digunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan OCB pada guru laki-laki dan perempuan. Didapatkan hasil rerata yang lebih tinggi pada guru laki-laki dibandingkan guru perempuan. Pada uji-t yang dilakukan, yang menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,011 untuk equal variances assumed yang artinya nilai tersebut kurang dari 0,05 (α) sehingga didapatkan ada perbedaan antara OCB kelompok laki-laki dan kelompok perempuan. Kata kunci: Organizational Citizenship Behavior, Guru, Jenis Kelamin The purpose of this study is to determine differences Organizational Citizenship Behavior (OCB) for Elementary School’s teachers based on gender. This research was conducted in Gedongtengen District with 63 teacher population of subjects and obtained 59 subjects as samples. Data collection technique uses Organizational Citizenship Behavior scale that consist of 5 aspects such as conscientiousness, sportsmanship, civic virtue, courtesy, and altruism. Then, validity and reliability testing of the OCB-scale using expert testing and the reliability test using Alpha Cronbach amounted to 0.853. Meanwhile, to test the differences is used t-test. Data analysis results indicate OCB differences in male and female teachers. Higher average results are achieved on male teachers than female teachers. In the t-test conducted, indicating that the value of Sig. (2-tailed) amounted to 0.011 for equal variances assumed which means that the value is less than 0.05 (α) so there is a difference between the OCB group of male and female groups. Keywords: Organizational Citizenship Behavior, Teachers, Gender

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Jurusan Psikologi
Date Deposited: 11 Feb 2020 06:18
Last Modified: 17 Feb 2020 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67460

Actions (login required)

View Item View Item