PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN KARTU BERPASANGAN TENTANG PILIHAN KARIR BAGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KALASAN

Neli Astuti, Astuti (2012) PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN KARTU BERPASANGAN TENTANG PILIHAN KARIR BAGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (110MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN KARTU BERPASANGAN TENTANG PILIHAN KARIR BAGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KALASAN Oleh NeliAstuti 06104244021 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media bimbingan kartu berpasangan tentang pilihan karir bagi siswa kelas XI yang layak digunakan sebagai pendukung media layanan bagi Bapak/Ibu guru pembimbing di SMA Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Produk yang dihasilkan adalah media bimbingan kartu berpasangan tentang pilihan karir bagi siswa kelas XI yang memuat materi mengenai: Tipe kepribadian yang mempengaruhi pilihan karir dan karakteristiknya. Subyek uji produk dalam penelitian pengembangan ini meliputi subyek uji validasi yaitu ahli materi mengenai materi tipe kepribadian yang mempengaruhi pilihan karir siswa SMA, ahli media pembelajaran, dan guru pembimbing. Sedangkan subyek uji coba lapangan utama dan uji coba lapangan operasional siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan . Penentuan subyek tersebut dilakukan dengan Random Sampling untuk 12 orang siswa pada uji lapangan utama dan teknik random untuk uji lapangan operasional sebanyak 36 orang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan media bimbingan kartu berpasangan tentang pilihan karir, dengan melakukan tiga tahap uji coba, yaitu uji coba perorangan, uji lapangan utama dan uji lapangan operasional dan dua tahap revisi. Pada tahap uji lapangan utama, media bimbingan kartu berpasangan tentang pilihan karir bagi siswa kelas XI yang dikembangkan secara umum mendapatkan penilaian sangat baik dengan skor 607 baik dilihat dari segi materi maupun tampilan media secara keseluruhan. Sedangkan pada tahap uji lapangan operasional media bimbingan kartu berpasangan tentang pilihan karir bagi siswa kelas XI yang dikembangkan juga mendapatkan penilaian sangat baik dengan skor 1969. Dengan demikian, media bimbingan kartu berpasangan tentang pilihan karir bagi siswa kelas XI SMA Negeri 1 kalasan hasil pengembangan ini dikatakan baik dan layak digunakan sebagai media layanan bimbingan dalam rangka pemberian layanan bimbingan karir oleh guru pembimbing. Kata kunci:pengembangan media bimbingan, kartu berpasangan, pilihan karir

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 22 Oct 2012 08:38
Last Modified: 29 Jan 2019 16:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6746

Actions (login required)

View Item View Item